Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia.
Abstract
Abstrak
Artificial Inteligensi (AI) atau kecerdasan buatan manusia saat ini sangat berkembang pesat. Apalagi di masa pandemi Covid 19 ini, dimana aktivitas dan pergerakan manusia dalam melakukan interaksi secara langsung mengalami keterbatasan. Artifial Inteligensi sangat membantu dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi operasional sebuah perusahaan. Penggunaan AI sudah banyak diimplementasikan pada berbagai sektor, terutama sektor perdagangan yang berbasis digital atau marketplace karena sangat membantu promosi yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan. Perkembangan marketplace menggunakan teknologi yang berbasis artificial inteligence semakin beragam. Untuk memenangkan persaingan bisnis, maka strategi promosi sangat diperlukan dan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mencapai tujuan. Seperti dilakukan salah satu marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia yang merupakan marketplace dengan pertumbuhan sangat pesat dibanding marketplace lainnya. Hasil penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan paradigma kontruksi serta analisis studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara melalukan wawancara mendalam, observasi non participant dan analisis dokumen yang berasal dari data internal dan juga data eksternal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelian yang cukup signifikan melalui promosi yang dilakukan berbasis AI melalui model promosi deep learning. Permasalahan yang dihadapi adalah implementasi AI akan kurang maksimal jika tidak diperhatikan dengan detail dan sangat tergantung pada data yang diinput oleh programmer (terbatas pada suatu program). Saran yang diberikan adalah agar secara berkala diadakan pendidikan dan pelatihan khusus untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan tenaga IT sehingga dapat selalu mengikuti perkembangan zaman.
Katakunci: Strategi Promosi, Marketplace, Artificial Intelligence
Abstract
Artificial Intelligence (AI) or human artificial intelligence is currently growing rapidly. Especially during the Covid-19 pandemic, where human activities and movements in direct interaction are experiencing limitations. Artificial Intelligence is very helpful in increasing the effectiveness and efficiency of a company operational. The use of AI has been widely implemented in various sectors, especially in the digital-based trade sector or marketplace because it really helps promotions carried out in increasing sales. The development of the marketplace using artificial intelligence-based technology is increasingly diversely. To win the business competition, a promotion strategy is needed and is one of the most important aspects in achieving goals. As one of the marketplaces has been doing it in Indonesia, namely Tokopedia, which is a marketplace is growing rapidly compared with other marketplaces. The result of this study was carried out qualitatively with the construction paradigm and case study analysis. The technique of collecting research data is by conducting in-depth interviews, non-participant observations and document analysis derived both from internal data and external data. The results showed that there was a significant increase in purchases through AI-based promotions through deep learning promotion model. The problem which is faced is that the implementation of AI will be less than optimal if it is not considered in detail and depends on the data inputted by the programmer (limited to a program). The suggestion given is to periodically hold special education and training to improve the competence and skills of IT staff so that they can always keep up with the age.
Keywords : Strategy Promotion, Marketplace, Artificial Intelligence
Full Text:
PDFReferences
Angell, Pamela. (2007). Business Communication Design : Creativity, Strategy, and Solution. Mc Graw Hill
Daymon, Chistine dan Immy Hollway . (2008). Metode Riset Kualitatif dalam Public Realtions dan Marketing Communications. Yogjakarta: Bentang.
Devito, Joseph.A. (2002). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Book
Dian Sarastuti, 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi/Volume 16, No.01, Mei 2017: 71 – 90
Fallis, A. . (2013) Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.0 04
Gusikhin, D. (2007). Intelligent systems in the automotive industry: applications and trends. Knowledge and Information Systems, 12(2), 147-168. Hadi
Hutauruk, Betti Dame. (2017). Analisis & Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Batak Berbasis Android. Methodika.net Vol 3 No 1
Hou, Z., Wang, (2018). Managing high-performance computing applications as an on-demand service on federated clouds 67, 579–595. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2018.02. 036
Kusumawati, A., Dawud, J., & Gedeona, H. T. (2019). Pemodelan Data Center untuk Efektivitas Pelayanan
Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).
Nasution, H. (2012). Implementasi Logika Fuzzy pada Sistem Kecerdasan Buatan. Jurnal ELKHA, 4(2), 4–8. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?ar ticle=32930&val=2337
Nugroho, Adi. 2008. E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung : Informatika Bandung Oliver
Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Jogjakarta: Andi
Kuswarno, Engkus. (2008) . Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran
McLeod, Raymond dan Schell, George (alih bahasa Hendra Teguh). (2004). Management Information System. Jakarta: Indeks
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pangkey, Franycia Maria dkk. (2019). Pengaruh Artificial inteligence dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Magister Mnajemen Universitas Mataram; JMM UNRAM.
Prisillia Ultimawati, 2020. Penerapan Strategi Promosi Pada Marketplace Indonesia. Jurnal Manajemen UII Yogyakarta.
Saidah, Iis. (2011). Komunikasi Pemasaran CV Laktatridia dalam Memasarkan Susu Kambing Journal article Komunuikasi dan realitas sosial: Jurnal Ilmu Komunikasi. Universitas Bandar Lampung
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Swastha, Basu. 2009. Azas Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
Tjiptono, Fandy dkk. (2008). Pemasaran Strategik. Jogjakarta: ANDI
Vasiljeva, T., Shaikhulina, S., & Kreslins, K. (2017). Cloud Computing: Business Perspectives, Benefits and Challenges for Small and Medium Enterprises (Case of Latvia). Procedia Engineering, 178, 443–451. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.01.087
DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.