Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia.

Dian Candra Fatihah, Iis Saidah Saidah

Abstract


Abstrak

 

Artificial Inteligensi (AI) atau kecerdasan buatan manusia  saat ini sangat berkembang pesat. Apalagi di masa pandemi Covid 19 ini, dimana aktivitas dan pergerakan manusia dalam melakukan interaksi secara langsung mengalami keterbatasan. Artifial Inteligensi sangat membantu dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi operasional sebuah perusahaan. Penggunaan AI sudah banyak diimplementasikan pada berbagai sektor, terutama sektor perdagangan yang berbasis digital  atau marketplace karena sangat membantu promosi yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan. Perkembangan marketplace menggunakan teknologi yang berbasis artificial inteligence semakin beragam. Untuk memenangkan persaingan bisnis, maka strategi promosi sangat diperlukan dan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mencapai tujuan. Seperti dilakukan salah satu marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia yang merupakan marketplace dengan pertumbuhan sangat pesat dibanding marketplace lainnya. Hasil penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan paradigma kontruksi serta analisis studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara melalukan wawancara mendalam, observasi non participant dan analisis dokumen yang berasal dari data internal dan juga data eksternal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelian yang cukup signifikan melalui promosi yang dilakukan berbasis AI melalui model promosi deep learning. Permasalahan yang dihadapi adalah implementasi AI akan kurang maksimal jika tidak diperhatikan dengan detail dan sangat tergantung pada data yang diinput oleh programmer (terbatas pada suatu program). Saran yang diberikan adalah agar secara berkala diadakan pendidikan dan pelatihan khusus untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan tenaga IT sehingga dapat selalu mengikuti perkembangan zaman.

Katakunci: Strategi Promosi, Marketplace, Artificial Intelligence

 

Abstract

 

Artificial Intelligence (AI) or human artificial intelligence is currently growing rapidly. Especially during the Covid-19 pandemic, where human activities and movements in direct interaction are experiencing limitations. Artificial Intelligence is very helpful in increasing the effectiveness and efficiency of a company operational. The use of AI has been widely implemented in various sectors, especially in the digital-based trade sector or marketplace because it really helps promotions carried out in increasing sales. The development of the marketplace using artificial intelligence-based technology is increasingly diversely. To win the business competition, a promotion strategy is needed and is one of the most important aspects in achieving goals. As one of the marketplaces has been doing it in Indonesia, namely Tokopedia, which is a marketplace is growing rapidly compared with other marketplaces. The result of this study was carried out qualitatively with the construction paradigm and case study analysis. The technique of collecting research data is by conducting in-depth interviews, non-participant observations and document analysis derived both from internal data and external data. The results showed that there was a significant increase in purchases through AI-based promotions through deep learning promotion model. The problem which is faced is that the implementation of AI will be less than optimal if it is not considered in detail and depends on the data inputted by the programmer (limited to a program). The suggestion given is to periodically hold special education and training to improve the competence and skills of IT staff so that they can always keep up with the age.

 

Keywords : Strategy Promotion, Marketplace, Artificial Intelligence

 


Full Text:

PDF

References


Angell, Pamela. (2007). Business Communication Design : Creativity, Strategy, and Solution. Mc Graw Hill

Daymon, Chistine dan Immy Hollway . (2008). Metode Riset Kualitatif dalam Public Realtions dan Marketing Communications. Yogjakarta: Bentang.

Devito, Joseph.A. (2002). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Book

Dian Sarastuti, 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi/Volume 16, No.01, Mei 2017: 71 – 90

Fallis, A. . (2013) Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.0 04

Gusikhin, D. (2007). Intelligent systems in the automotive industry: applications and trends. Knowledge and Information Systems, 12(2), 147-168. Hadi

Hutauruk, Betti Dame. (2017). Analisis & Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Batak Berbasis Android. Methodika.net Vol 3 No 1

Hou, Z., Wang, (2018). Managing high-performance computing applications as an on-demand service on federated clouds 67, 579–595. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2018.02. 036

Kusumawati, A., Dawud, J., & Gedeona, H. T. (2019). Pemodelan Data Center untuk Efektivitas Pelayanan

Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).

Nasution, H. (2012). Implementasi Logika Fuzzy pada Sistem Kecerdasan Buatan. Jurnal ELKHA, 4(2), 4–8. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?ar ticle=32930&val=2337

Nugroho, Adi. 2008. E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung : Informatika Bandung Oliver

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Jogjakarta: Andi

Kuswarno, Engkus. (2008) . Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran

McLeod, Raymond dan Schell, George (alih bahasa Hendra Teguh). (2004). Management Information System. Jakarta: Indeks

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pangkey, Franycia Maria dkk. (2019). Pengaruh Artificial inteligence dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Magister Mnajemen Universitas Mataram; JMM UNRAM.

Prisillia Ultimawati, 2020. Penerapan Strategi Promosi Pada Marketplace Indonesia. Jurnal Manajemen UII Yogyakarta.

Saidah, Iis. (2011). Komunikasi Pemasaran CV Laktatridia dalam Memasarkan Susu Kambing Journal article Komunuikasi dan realitas sosial: Jurnal Ilmu Komunikasi. Universitas Bandar Lampung

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Swastha, Basu. 2009. Azas Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dkk. (2008). Pemasaran Strategik. Jogjakarta: ANDI

Vasiljeva, T., Shaikhulina, S., & Kreslins, K. (2017). Cloud Computing: Business Perspectives, Benefits and Challenges for Small and Medium Enterprises (Case of Latvia). Procedia Engineering, 178, 443–451. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.01.087




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.