PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, MARKET VALUE ADDED DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP VOLATILITAS STOCK RETURN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Meiliana Jaunanda, Roy Sembel, Edison Hulu, Gracia Shinta S. Ugut

Abstract


Abstract. This study was conducted to effect of economic value added, market value added, altman zscore, and corporate social responsibility on volatility Stock Return. Samples were taken from companies that conducted an Initial Public Offering on the Indonesia Stock Exchange from 2018 to 2020 using a purposive sampling method, thus obtaining sample data of 71 companies. Data will be tested using data panel eviews10 program. The results of this study indicate that (1) Economic Value Added have negative effect and no significant effect on Stock Return , (2) Market Value Added have negative effect and no significant effect on Stock Return, (3) Altman Zscore have negative  effect and significant effect on Stock Return, (4) Corporate Social Resposibility have negative  effect and significant effect on Stock Return, (5) Corporate Social Resposibility have memoderate economic value added on Stock Return , (6) Corporate Social Resposibility have memoderate market value added on Stock Return

Abstrak. Penelitian ini menguji pengaruh economic value added, market value added, altman zscore, dan corporate social responsibility terhadap volatilitas likuiditas saham. Sampel diambil dari perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh data sampel sebanyak 71 perusahaan. Data akan diuji menggunakan program data panel eviews10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Economic Value Added berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap likuiditas saham, (2)Market Value Added berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap likuiditas saham, (3)Altman Zscore berpengaruh negatif dan berpengaruh signifikan terhadap likuiditas saham, (4)Corporate Social Resposibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap likuiditas saham, (5)Corporate Social Resposibility dapat memoderasi economic value added terhadap likuiditas saham, (6) Corporate Social Resposibility dapat memoderasi market value added terhadap likuiditas saham

Full Text:

PDF

References


Altman,. I,. Edward. 2000. “Predicting Financial Distress Of Companies: Revisiting The Z-Score And Zeta Models”. Journal Of Banking & Finance. Pp 1-54

Andrias, S. S., & Margasari, N. (2018). “Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan market Value Added (MVA) terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Ilmiah, 491-499.

Ang, R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesi. Jakarta: Mediasoft

Anggreni, P. D., Sujana, E., & Purnamawati, I. A. (2017). Pengaruh Operating Leverage, Economic Value Added, dan Market Value Added Terhadap Return Saham. e-Jurnal S1 Ak (Vol: 8 No.2), 86.

Arnel, E., & Setyani, A. Y. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Perusahaan terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Prosiding 4th seminar Nasional dan Call for Papers, 87-103.

Bagaskhara, G. (2016). Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan dan Beta Fundamental Terhadap Return Saham. Jurnal Akuntansi Bisnis, Vol. XIV No.28, 150-170.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dan Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 10, Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.

Hanafi. (2004). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hartono, J. (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Hermuningsih, S., Rahmawati, A. D., & Mujino. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Return Saham. Jurnal Ilmiah, 79.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 306-307.

Jorgiyanto, H. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman, Edisi keenam. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kusuma, R. A., & Topowijono. (2018). Pengaruh Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmiah, 68.

Mandasari, L., Azib, & Lasmanah. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Return on Asset terhadap Return Saham. Jurnal Ilmiah Volume 6, No. 1, 429-430.

Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1). 1-25

Margali, G.E., & Mangantar, M. M. & Saerang, I.S. (2020) Analisis Pengaruh Likuiditas Saham Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Keputusan Manajemen Keuangan (Studi Pada Perusahaan Lq45 Di Bursa Efek Indonesia, Periode 2016 - 2018), Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT) Vol. 7 No. 1. Januari - April, pp. 167-176

Messier, W. F., Glover, S. M., & Prawitt, D. F. (2006). Auditing and Assurance Services a Systematic Approach. Singapore: McGraw-Hill Irwin.

Nitasari, N. J. (2016). Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Return Saham Dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi: Volume 5, No.9, 2-14.

Nugroho, M. (2018). The Effect of Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Refined Economic Value Added (REVA) on Stock Prices and Returns Stock. Archives of Business Research (Vol.6, No.12), 173- 188.

Purwanti, I. (2016). Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Arus Kas Operasi Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmiah, 86.

Rock, K. (1986). Why New Issues are Underpriced. Journal of Financial Economics, 187.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunariyah. (2004). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Edisi Kelima. Bandung: CV Alfabeta.

Tanjung, P. R. (2014). Analisis Pengaruh Economic Value Added Dan Faktor Fundamental Perusahaan Lainnya Terhadap Return Saham Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal MIX, 243.

Van Horne, J. C., & Machowicz, J. M. (2007). Fundamentals of Financial Management, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Widayati, E., Yunaz, H., Rambe, T., Siregar, W.B., Fauzi, A. & Romli (2019). Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi Vol.6 No.2. Mei 2019, Hal.98-105

Wolk, e. (2001). Signaling, Agency Theory, Accounting Policy Choice. Accounting and Business Research. Vol.18,47-56.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.