FAKTOR KEBERHASILAN START-UP DI MAKASSAR

Rezty Amalia Aras, Kiki Resky Ramdhani Sucipto, Emmy Puspita Sari

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat cepat berdampak pada pertumbuhan ekonomi, berbagai macam bisnis rintisan atau seringkali disebut dengan start-up khususnya di bidang teknologi. Start-up adalah model bisnis baru yang menciptakan ekonomi nilai-nilai dan jalur karir bagi generasi muda, khususnya yang tertarik pada inovasi dan teknologi dan melihat peluang bisnis di peneliti start-up teknologi di bidang start-up. Menurut catatan situs forbes.com 90% start-up yang diciptakan di dunia gagal. Banyak alasan mengapa start-up gagal, diantaranya salah memprediksi kebutuhan pasar, konflik internal, kehabisan dana dan ketidakharmonisan tim serta pola perusahaan yang buruk. Oleh karena itu, diperlukan analisis strategi bisnis e-commerce Perusahaan Start-up Digital di Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi bisnis e-commerce perusahaan start-up digital di Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan dengan tujuan untuk mengetahui faktor keberhasilan start-up yang berada di Makassar. Subjek dari penelitian ini adalah para CEO atau orang yang memiliki peran inti dalam start-up. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indephth interview), dengan mewawancarai CEO atau orang yang memiliki peran inti dalam start-up. Faktor keberhasilan start-up di Makassar seperti Digides, Clean up, Octopus, Mall Sampah dan Helper yang paling mempengaruhi adalah penentuan tim, ide yang cemerlang, timing yang tepat, model bisnis dan kemudian funding juga menjadi faktor pendukung sebuah start-up.


Full Text:

PDF

References


Top Indicators for Startup Success. (2017). www.inc.com

Blank, S. (2010). What’s A Startup? First Principles.

Griffith, E. (2014). Why startups fail, according to their founders.

Kumbhat, A., & Sushil, P. (2017). Ingredients of Startup Success.

Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1). 1-25

Margali, G.E., & Mangantar, M. M. & Saerang, I.S. (2020) Analisis Pengaruh Likuiditas Saham Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Keputusan Manajemen Keuangan (Studi Pada Perusahaan Lq45 Di Bursa Efek Indonesia, Periode 2016 - 2018), Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT) Vol. 7 No. 1. Januari - April, pp. 167-176

Nalintippayawong, S., Waiyawatpattarakul, N., & Chotipant, S. (2018). Examining the critical success factors of startup in Thailand using structural equation model. Proceedings of 2018 10th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering: Smart Technology for Better Society, ICITEE 2018, 388–393. https://doi.org/10.1109/ICITEED.2018.8534854

Nurfadilah. (2018). 7 Cara Ini Bisa Diterapkan “Startup” untuk Mendapatkan Investor. Kompas.Com. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/03/080900626/7-cara-ini-bisa-diterapkan-startup-untuk-mendapatkan-investor?page=all

Patel, N. (2015). 90% Of Startups Fail: Here’s What You Need To Know About The 10%.

Ries, E. (2011). The Lean Startup.

Start-up. (n.d.). https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_rintisan

Timmers, P. (2000). Electronic Commerce – Strategies & Models for Business-to-Business Trading. John Wiley & Sons.

Turban, E. (2004). Electronic Commerce: A managerial Perspective. Prentice Hall.

Widayati, E., Yunaz, H., Rambe, T., Siregar, W.B., Fauzi, A. & Romli (2019). Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi Vol.6 No.2. Mei 2019, Hal.98-105

Yudhanto, Y. (2014). Information Technology Business Start-up. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.