ANALISA ATRIBUT PUSAT PERBELANJAAN PARIS VAN JAVA BANDUNG TERHADAP KETERLIBATAN PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN PARIS VAN JAVA BANDUNG
Abstract
Abstract : The development of shopping centers in the city of Bandung is inseparable from the demographic conditions found in the city of Bandung. The role of the shopping environment is believed to have a very strong influence in creating consumptive buying behavior and increasing the number of visits by visitors.
The affective and cognitive aspects of visitors can be built by creating a pleasant shopping center atmosphere, thereby encouraging positive visitor behavior. Solomon (2010) in Tanjungsari et al. (2016) stated that a person's mood or psychological state at any given moment will have a large impact on what to buy or how to judge something.
This study discusses the analysis of the attributes of the Paris Van Java Bandung shopping center on the involvement of visitors to the Paris Van Java Bandung shopping center. Questionnaires were conducted on 404 respondents. The data processing method used in this research is multiple regression. The results of the study explain that the attributes of shopping centers have an effect of 10% on the involvement of shopping center visitors. Of the 7 aspects of shopping center attributes, only the design aspect has a partial effect on direct visitor involvement.
Abstrak : Pembangunan pusat perbelanjaan di Kota Bandung tidak terlepas dari kondisi demografi yang terdapat pada Kota Bandung.Peranan lingkungan berbelanja diyakini berpengaruh sangat kuat dalam menciptakan perilaku pembelian yang konsumtif dan meningkatkan jumlah kunjungan para pengunjung.
Aspek afeksi dan kognisi pengunjung dapat dibangun dengan menciptakan atmosfir pusat perbelanjaan yang menyenangkan, sehingga mendorong terjadinya perilaku pengunjung yang positif. Solomon (2010) dalam Tanjungsari dkk. (2016) menyatakan bahwa suasana hati seseorang atau keadaan psikologis pada saat tertentu akan memiliki dampak yang besar mengenai apa dibeli atau bagaimana menilai sesuatu.
Penelitian ini membahas analisa atribut pusat perbelanjaan Paris Van Java Bandung terhadap keterlibatan pengunjung pusat perbelanjaan Paris Van Java Bandung. Kuesioner dilakukan terhadap 404 responden. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa atribut pusat perbelanjaan berpengaruh sebesar 10% terhadap keterlibatan pengunjung pusat perbelanjaan. Dari 7 aspek atribut pusat perbelanjaan, hanya aspek Desain yang berpengaruh parsial terhadap keterlibatan pengunjung secara langsung.
Full Text:
PDFReferences
Assael, H. (1992). Consumen Behavior and Marketing Action. Fourth Edition, PWS-KENT, South-Western College Pub.: Publishing Company.
Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2018).
Berman, B., dan Evans, J. R. (2007). Retailing Management, A Strategic Approach Edisi 10. Pearson International Edition.
Bohl, P. (2012). The Effects of Store Atmosphere on Shopping Behaviour’, a Literature Review. Corvinus Marketing Tanulmányok.
Farid, T. M., dan Darmawan, R. (2014). Identifikasi Kesetaraan Nilai Antara Pusat Perbelanjaan Senayan City Dengan Toilet Umum di Dalamnya. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain (No.1), hal 1-7.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, Jr., J. F., Anderson, R. E., dan Black, W. C. (1999). Multivariate Data Analysis With Readings. New York: Macmillan Publishing Company.
Holbrook, M. B., dan Hirschman, E. C. (1982). The Experiential Aspects of Consumption: Consumer Fantasies, Feelings, and Fun. Journal of Consumer Research, Vol 9, hal. 132-140.
Khare, A. (2012). Influence of Mall Attributes and Demographics on Indian Consumers’ Mall Involvement Behavior: An Exploratory Study. Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing, Vol 20, hal 192-202.
Kim, Y. K., dan Kang, J. (1997). Consumer Perception of Shopping Costs and Its Relationship With Retail Trends. Journal of Shopping Center Research, Vol 4 (No. 2), hal 27–61.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Levy, M. dan Weit, B. (2001). Retaling Management. International Edition Edisi 4. New York: McGraw-Hill.
Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1). 1-25
Margali, G.E., & Mangantar, M. M. & Saerang, I.S. (2020) Analisis Pengaruh Likuiditas Saham Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Keputusan Manajemen Keuangan (Studi Pada Perusahaan Lq45 Di Bursa Efek Indonesia, Periode 2016 - 2018), Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT) Vol. 7 No. 1. Januari - April, pp. 167-176
Mowen, J. C. dan Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi 5. Jakarta: Erlangga.
Natalia, T. W., dan Kusuma, H. E. (2013). Pola Pengaruh Atribut Mall Terhadap Respon Konsumen Dalam Mengunjungi Shopping Mall. TEMU ILMIAH IPLBI 2013
Nurtjahjanti, H. (2012). Hubungan Antara Keterlibatan Konsumen Dengan Kesadaran Merek Produk Shampo X Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.
Peter, J. P., dan Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9, Jilid 1 &2. Jakarta: Salemba Empat.
Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Richard, L. C., dan Olson, J. C. (1988). The Role of Involvement in Attention and Comprehension Processes. Journal of Consumer Research, hal 210-224.
Sari, A. A., Kusuma, H.E., dan Tedjo, B. (2011). A Strategic Planning for a College Student Segment Shopping mall. International Research Journal of Business Studies, Vol 4 (No.2), hal 157-169.
Sari, H. F., dan Hasbi, I. (2015) Pengaruh Kualitas Layanan BlitzMegaplex Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pengunjung BlitzMegaplex Cabang Miko Mall Kota Bandung Tahun 2015). e- Proceeding of Management, Vol 2 (No. 2), hal 1353-1360.
Schiffman, L., dan Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. PT. Indeks.
Solomon, R. M. (2010). Consumer Behavior:A Eropean Perspective. Fourth Edition. New Jersey: Pretince Hall.
Subagio, H. (2011). Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN, Vol6 (No. 1), hal 8-21.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Cetakan 17. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Suryaputra, K., dan Imasari, K. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Herb and Spice Café dan Resto Bandung. Buletin Inteligentia, Vol 1(No. 2), hal 437-446.
Tunjungsari, S. V., Fauzi, A., dan Mawardi, M.K. (2016). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Emosi Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli di Ria Djenaka Cafe dan Resto, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 30 (No.1), hal 1-7
Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widayati, E., Yunaz, H., Rambe, T., Siregar, W.B., Fauzi, A. & Romli (2019). Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi Vol.6 No.2. Mei 2019, Hal.98-105
DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.