Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Pengecer Daging Babi Di Pasar Tradisional Kabupaten Minahasa Selatan

Jeane Pandey, Frangky Stanly Oroh, Stevy P. Pangemanan

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the sales volume, marketing costs, meat prices and profits of permanent retailers of pork and to analyze the effect of sales volume, marketing costs and pork prices on the profits received by permanent retailers in Amurang Traditional Market and Tumpaan Market. , South Minahasa Regency. This research was conducted in Amurang Traditional Market and Tumpaan Market, South Minahasa Regency, North Sulawesi Province on the date of this research was carried out on 18 February 2021 to 19 March 2021. The data used in this study were primary data and secondary data. The purposive sampling method was used to determine the location and respondents. Traditional markets in South Minahasa Regency that meet the criteria are Amurang Traditional Market and Tumpaan Market. The number of respondents based on the criteria as many as 30 people. The data analysis models used include multiple linear regression analysis, F test, and t test. The data were analyzed with the help of SPSS version 25. Based on the results of the study, the regression equation Y = -68.322.061 + 38.875 X1 – 0.966 X2 + 1.820 X3 was obtained. This shows that H0 is rejected and H1 is accepted. Based on this, it can be concluded that sales volume, marketing costs, selling prices simultaneously or together have a significant effect on profits.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar volume penjualan, biaya pemasaran, harga daging dan keuntungan dari pedagang pengecer tetap daging babi dan untuk menganalisis pengaruh volume penjualan, biaya pemasaran dan harga daging babi terhadap keuntungan yang diterima oleh pedagang pengecer tetap di Pasar Tradisional Amurang dan Pasar Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Tradisional Amurang dan Pasar Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal  18 Februari 2021 sampai 19 Maret 2021.  Metode purposive sampling dilakukan terhadap penentuan lokasi dan responden. Pasar tradisional di Kabupaten Minahasa Selatan yang memenuhi kriteria yaitu Pasar Tradisional Amurang dan Pasar Tumpaan. Jumlah responden berdasarkan kriteria sebanyak 30 orang. Model analisis data yang digunakan antara lain analisis regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi Y = -68.322.061 + 38.875 X1 – 0.966 X2 + 1.820 X3. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa volume penjualan, biaya pemasaran, harga jual secara simultan atau bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keuntungan


Full Text:

PDF

References


Alimuddin, A. 2018. Analisis Pendapatan Pedagang Ternak Kambing di Kecamatan Tirang Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Anggara, H. 2014. Analisis Pemasaran Telur Ayam Di Desa Bululawang Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus Pada Peternakan Ayam Petelur “UD Jaya Farm”) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Artaman, D.M.A., N.N. Yuliarmi dan I.K. Djayastra. 2015. Analisis faktor–faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang pasar seni sukawati gianyar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4(02): 87-105.

Atmadja, A. T., SE, A., Herawati, N. T., dan Asiyah, S. 2017. Analisis Makna Keuntungan Menurut Pedagang Kaki Lima Di Sepanjang Jalan Ahmad Yani Singaraja. Jimat (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 7(1).

BPS. 2020. Populasi Babi menurut Provinsi (Ekor), 2018-2020. Badan Pusat Statistik.

Butarbutar, N., B. Rorimpandey, R.A.J. Legrans, dan I.D.R. Lumenta. 2014. Analisis keuntungan Pedagang Pengecer Daging Sapi di Pasar Tradisional Kota Manado. Jurnal Zootek 34(1): 48-61.

Chen, L.Y. (2004). “Examining the Effect of Organization Culture and Leadership Behaviors on Organizational Commitment, Job Satisfaction and Job Performance at Small and Middle-sized Firms of Taiwan”, The Journal of American Academy of Business, Cambrige, pp. 432-438

Chikmawati, Z. 2019. Studi Segmentasi Pasar terhadap Produk Batari Beku di Kabupaten Sidoarjo. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan). 2(1): 147-154.

Direktorat Jenderal Peternakan. 2013. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jakarta.

Gerungan, M.S., M.Th.R. Lapian, J.A.D. Kalele dan Z. Poli, 2017. Kualitas ternak babi grower yang menggunakan tepung kulit kopi sebagai pengganti sebagian dedak pada ransum. Jurnal Zootek 37(2):386-394.

Hidayatullah, T., R.Y. Suryandari, A.C. Fitriyanto, dan I. Nahib, 2011. Pemetaan neraca dan valuasi ekonomi sumber daya pulau kecil. Journal of Society and Space 7(1):87-92.

Ibrahim, Supamri dan Zainal. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Peternak Rakyat Sapi Potong di Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 13(3): 307-315.

Krismiaji, Y., dan Aryani, A. 2011. Akuntansi Manajemen, Edisi Kedua. Yogyakarta : UPP STIM YKPN

Kusumastuti, N. A., dan Purwanti, E. Y. 2012. Pengaruh faktor pendapatan, umur, jumlah tanggungan keluarga, pendapatan suami dan jarak tempuh ke tempat kerja terhadap curahan jam kerja pedagang sayur wanita (studi kasus di Pasar Umum Purwodadi) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Manuaba, I., & Lestari, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dimediasi Oleh Variabel Kepuasan Kerja Pada Era New Normal Di Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.31835

Osak, O. M., Panelewen, V. V., Lumy, T. D., dan Oroh, F. N. 2019. Analisis keuntungan pedagang daging babi berdasarkan preferensi konsumen di pasar tradisional Kota Manado. Zootec, 40(1), 1-11.

Silaban, D., Jaunanda, M., & Ferdinand, F. (2020). Perceived Risk And Intention To Purchase From Overseas Sellers In Shopee: Jabodetabek Consumer Perspective. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(2). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i2.30268

Siregar, R. S. 2019. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang di Taman Wisata Istana Maimun.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Wirawan, I. G. P. N., dan Wamaliya, F. 2014. Perbandingan Faktor-Faktor yang Menentukan Pemilihan Lokasi Pedagang Perak dan Emas di Pasar Seni Celuk dan Ubud. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(6), 227-236.

Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., dan Belang, K. A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Statmat: Jurnal Statistika Dan Matematika, 1(1), 103-116.

Wungow, T. M., Mononimbar, W., dan Karongkong, H. H. 2014. REDESAIN PASAR TRADISIONAL AMURANG “Optimalisasi Penerapan Konsep Pengelolaan Pasar”. Jurnal Arsitektur DASENG, 3(1), 35-42.

Yeblo, L. Y., Rundengan, M. L., Pandey, J., dan Osak, R. E. 2020. Marjin Pemasaran Daging Babi Di Pasar Tradisional Remu Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Zootec, 40(2), 380-391.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.41173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.