Karakteristik Kewirausahaan dan Lingkungan Bisnis Sebagai Faktor Pertumbuhan Usaha di Bekasi

Rustomo Rustomo

Abstract


Abtrack: The purpose of this study was to determine the entrepreneurial characteristics of business owners, the condition of the business environment and the role of the business environment in the growth of the fast food snack business at Perumnas 3 Arenjaya and Jl. Education Mangunjaya Tambun Bekasi. The population in this study were all business actors at Perumnas 3 Arenjaya and Jl. Education Mangunjaya Tambun Bekasi. Sample this study was take by purposive sampling and snowbal sampling. Methods of data collection using interviews, observation and documentation. The results show that the entrepreneurial characteristics of business actors are originality in product innovation, risk taking to diversify products and leadership in building harmonious relationships with employees but do not yet have a task orientation attitude and results towards maximum profit. Conditions and Roles of the business environment contained in this business include the internal and external business environment with a SWOT analysis. Entrepreneurs must be able to build task orientation and maximum post-profit results, take risks, have the behavior as a leader in facing the challenges of the business world that are aligned with the internal and external business environment.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kewirausahaan pemilik usaha, kondisi lingkungan bisnis dan peran lingkungan bisnis dalam pertumbuhan usaha jajan pasar siap saji di Perumnas 3 Arenjaya dan Jl. Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha di Perumnas 3 Arenjaya dan Jl. Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling dan snowbal sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kewirausahaan yang dimiliki pelaku usaha adalah sikap keorisinilan dalam inovasi produk, pengambilan risiko untuk melakukan diversifikasi produk dan kepemimpinan dalam membangun hubungan yang harmonis dengan karyawan namun belum memiliki sikap orientasi tugas dan hasil terhadap profit yang maksimal. Kondisi dan Peran lingkungan bisnis yang terdapat dalam usaha ini meliputi lingkungan bisnis internal dan eksternal dengan analisis SWOT. Para wirausahawan harus mampu membangun orientasi tugas dan hasil paska laba yang maksimal, pengambilan risiko, memiliki perilaku sebagai seorang pemimpin dalam menghadapi tantangan dunia bisnis yang diselaraskan dengan lingkungan internal dan eksternal bisnis.


Full Text:

PDF

References


A.M. Susilo Pradoko. (2017). Paradigma Metode Penelitian Kualitatif (M. P. Dr. Sumaryadi (ed.); Revisi 3). UNY Press.

Bernhard Tewal, D. (2017). Prilaku Organisasi (D. Bernhard Tewal (ed.); edisi 1). Petra Media Grafindo Bandung.

Edward UP Nainggolan. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit.

Edwin Cahya Ningrum Setyawati, dkk. (2013). Karakteristik kewirausahaan dan lingkungan bisnis sebagai faktor penentu pertumbuhan usaha. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, FISIP Universitas Diponegoro, 2 No 1 (Wirausaha), 10. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5353

Kristiawan, A., Nursalin, K., Gunawan, I., & F.Yo, J. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee Dan JD.ID). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107

Lely Ratwianingsih. (2018). Dampak lingkungan bisnis terhadap pertumbuhan sektor industri Provinsi Jawa Tengah sebagai upaya percepatan era ASEAN Economic Community. Dinamika: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 10 No 2 20(Bisnis), 8.

Margahana, H. (2020). Pengaruh Entrepreneurship Terhadap Penanggulangan Pengangguran Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Palembang. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(2). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.30292

Moch Choiril Anwar, M. C. U. (2012). Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar (Studi Kasus: Toko Pojok Madura). JURNAL SISTEM INFORMASI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 5 No 1 201(SWOT), 10. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sijsi.v5i1.282

Philip Kotler, Kevin Lane Keller, B. M. (2009). Manajemen pemasaran (Philip Kot). Indeks Jakrta.

Rustomo. (2021). Strategi wirausaha masa pedemi Covid-19, dibulan penuh berkah“RAMADHAN 1442 H”. Jurnal Economicus, STIE Pertiwi Bekasi, 1 no 2(Wirausaha), 10.

Stephen P Robbins. (1994). Teori organisasi : Struktur, desain dan aplikasi (J. Udaya (ed.)). Jakarta, Arcan 1994.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.41404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.