PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BURGER KING DI KOTA MANADO
Abstract
Abstrak: This study aims to analyze the influence of social media promotion, word of mouth and service quality on burger king consumer loyalty in manado city. The type of data in this study is primary data obtained directly through questionnaires distributed to Burger King consumers in Manado City. The number of samples in this study was 100 people using accidental sampling techniques. This study used multiple linear regression data analysis. Based on the analysis of statistical data, the indicators in this study are valid and the variables are reliable. In classical assumption testing, heteroskedasticity did not occur, and normally distributed and multicolonieris free regression models. The results of this study show that social media promotion, word of mouth and service quality partially have a positive and significant effect on the loyalty of Burger King consumers in the city of Manado. Simultaneous promotion of social media, word of mouth and service quality has a positive and significant effect on the loyalty of Burger King consumers in Manado City.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi media sosial, word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Burger King di kota Manado. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh langsung melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen Burger King kota Manado. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal serta model regresi bebas multikolonieris.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi media sosial, word of mouth dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Burger King di kota Manado. secara simultan promosi media sosial, word of mouth dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Burger King di Kota Manado.
Full Text:
PDFReferences
Adam, M.. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Fatona, S.. 2010. Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Dan Relevansinya Terhadap Kepuasan. Jurnal Dinamika Manajemen, (1): 41-46.
Hasanuddin, M.R.N. Rachma, dan B. Wahono. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Pelanggan Kedai Kopi Mr Beard Coffee Jl. Saxophone No 47 Tunggul Wulung Lowokwaru Malang). e-Jurnal Riset Manajemen, 9(11): 39-52.
Kotler, P., dan G. Amstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., dan K. L.Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Erlangga. Jakarta
Lovelock, C.. 2013. Pemasaran Jasa. Erlangga. Jakarta.
Rulli, N.. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Ryanto, G.P.. 2021. Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta. diakses 2 Februari 2022.
Sangkay, R., Sutanto, S., Widiartanto, S., & Bernarto, I. (2021). Anteseden Trust Dan Dampaknya Terhadap Intention To Shop Pada Aplikasi Sayurbox. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2).
Septiningrum, L. (2021). Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Food And Beverage Di Era Pandemi Covid 19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.32638
Sriwadiningsih, E.. 2011. Word Of Mouth Sebagai Efek Respon Positif Dari Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Pembelian Kembali: Studi Kasus Mahasiswa Sebagai Konsumen Yoghurt Activia. Jurnal Binus Business University, 2(1): 477-484.
Wang, S.. 2009. Word of Mouth Marketing. Gramedia Pustaka
Wuisan, D. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Food Quality Terhadap Customer Loyalty Pengguna Gofood Indonesia Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Dan Customer Satisfaction. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1).
DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.42369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.