Kinerja Pegawai Desa Dalam Melayani Masyarakat Pada Kantor Kepala Desa Kertasari

Fitria Ananda Miko, Suroso Suroso, Flora Patricia Anggela

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai desa dalam melayani masyarakat pada Kantor Kepala Desa Kertasari serta faktor-faktor yang menjadi penghambat kinerja dari aparat desa kertasari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara serta observasi secara langsung. Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan pegawai desa atau aparat desa kepada masyarakat Desa Kertasari belum dikatakan baik dikarenakan terdapat beberapa faktor penghambat dalam kinerja aparat desa seperti kurangnya computer di Kantor Kepala Desa Kertasari serta tingkat kedisiplinan dari pegawai yang masih belum optimal sehingga hal tersebut dapat menghambat kinerja dari para pegawainya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar. Upaya dalam meningkatkan kinerja pegawai desa yaitu melakukan kontrol atau pengecekan terhadap pegawai, memberikan sanksi yang cukup berat kepada pegawai yang terlambat masuk jam kerja agar orang tersebut merasa takut untuk melanggar aturan tersebut.

Abstract This study aims to determine the performance of village employees in serving the community at the Kertasari Village Head Office and the factors that hinder the performance of the Kertasari village apparatus. This study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques by means of interviews and direct observation. The results of this study are that the service of village employees or village officials to the people of Kertasari Village has not been said to be good because there are several inhibiting factors in the performance of village officials such as the lack of computers in the Kertasari Village Head Office and the level of discipline of employees who are still not optimal so that it can hinder performance. of its employees in providing services to the surrounding community. Efforts to improve the performance of village employees, namely controlling or checking employees, giving fairly severe sanctions to employees who are late for work hours so that people are afraid to violate these rules.


Full Text:

PDF

References


Busro, Muhammad, 2018. Teori – Teori Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Prenadamedia Group.

Deddy Rahmat, i. (2021). Menguji Strategi Desa Wisata dalam Membangun Keunggulan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31674

Evita baiq dan Hartati Widya. Kinerja Pegawai Kantor Desa Teros Kecamatan Labuhan Haji Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi. Jurnal Mentari Publika. 2(2).

Harras, Hadayati, dkk, 2020. Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa, Tangerang Selatan: Unpam Press.

Laia, dkk. 2022. Kinerja Pegawai Kantor Desa Dalam Memberikan Pelayanan Masyarakat Di Desa Hilimaufa Kecamatan Mazo Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Governance Opinion. 7(1).

Panjaitan, Dewi, dan Angelia. 2019. Peranan Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat. Jurnal Perspektif. 8(1).

Poltak, Lijan, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pratiwi, Anna. 2020. Pengaruh Pelatihan, Kompensasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Sari Coffee Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 9(8).

Rohman, Abd, 2017. Dasar – Dasar Manajemen, Malang: Inteligensia Media.

Sinaga, A., & Bernarto, I. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, Dan Job Stress Terhadap Work Productivity Pada Perawat Di Rumah Sakit XYZ Jakarta. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36100




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.42604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.