PENGARUH KEMUDAHAN, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE FACEBOOK PADA MAHASISWA/I UINSU DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING

Radha Amalita, Tri Inda Fadhila Rahma

Abstract


Abstract.  The purpose of this study was to determine the effect of convenience, product quality, price and creation on copping opinions on the Facebook Marketplace. This type of exploration is quantitative with a check system. Repliers in this study were scholars of the State Islamic University of North Sumatra as numerous as 100 people. The slice fashion used is intentional slice. The system used in this study is the analysis of Structural Equation Modeling( SEM) grounded on friction, videlicet Patrial Least Forecourt( PLS). The results show that there's an influence of convenience on copping opinions, there's an influence of product quality on copping opinions, there's an influence of price on copping opinions, and there's an influence of creation on copping opinions.

 

Abstrak.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian  di Marketplace Facebook. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa/I Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sebanyak 100 orang. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modeling ( SEM ) yang berbasis varians yaitu Patrial Least Square ( PLS ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, dan ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Alsyukri, M. R. (2021). PENGARUH KEMUDAHAN, GAYA HIDUP DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 - ABM Repository. http://repository.stie-mce.ac.id/1456/

Deddy Rahmat, i. (2021). Menguji Strategi Desa Wisata dalam Membangun Keunggulan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31674

Fakhru, M. (2014). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PERUMAHAN OBAMA PT. NAILAH ADI KURNIA SEI MENCIRIM MEDAN MUHAMMAD FAKHRU RIZKY NST 1) HANIFA YASIN 2) 1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2) STIE Nusa Bangsa.

Iful Anwar. (2015). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Budhi Satrio Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Intan Devi, L. K. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Skripsi, 2, 79. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principle of Marketing 14th edition.

Kotler, P., & Garry, A. (2008). Principles Of Marketing.

Limba, F., Rijoly, J., & Tarangi, M. (2020). BLACK SWAN GLOBAL MARKET: ANALYSIS OF THE EFFECT OF THE COVID-19 DEATH RATE ON THE VOLATILITY OF EUROPEAN FOOTBALL CLUB STOCK PRICES (CASE STUDY OF JUVENTUS F.C., MANCHESTER UNITED, AJAX AMSTERDAM AND BORUSSIA DORTMUND). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.32690

MA Adriansyah, & R Aryanto. (2012). Pengaruh kualitas produk terhadap minat pembelian serta dampaknya terhadap proses keputusan pembelian J&C Cookies.

Meranga, I. (2021). Anteseden Word Of Mouth pada Konteks Perguruan Tinggi Swasta: Studi Empiris Di Universitas Pelita Harapan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35676

Mowen, J., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Pandiangan, P., & Martini, I. (2021). Digital Marketing Strategy of Property Agents in The New Normal Era. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31251

Ristania, N., & Justianto, J. S. (2012). ANALISA PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA “ONLINE SHOP” S-NEXIAN MELALUI FACEBOOK. 5(2), 131–161.

Rossalina, W., Manullang, R. R., & Medinal. (2015). KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK ( Studi Kasus Di Forum Jual-Beli Kota Pangkalpinang ). Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis, 3(November), 28–40.

Sugiyono. (2007a). Metodologi Penelitian Administrasi. Jakarta : Grafindo.

Sugiyono. (2007b). Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosda Karya.

Sugiyono. (2009a). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d / Prof.Dr.Sugiyonotle. METODE PENELITIAN ILMIAH, 133.

Sugiyono. (2009b). Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif... - Google Cendekia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Ferrari, JR, Jhonson, JL, & McCown, WG (1995). Procrastination And Task. Repository.Unjani.Ac.Id.

Wulandari, I., & Hartono, S. (2022). KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI ONLINE DITINJAU DARI KEMUDAHAN, PROMOSI, KEPERCAYAAN, DAN KUALITAS PRODUK PADA BATIK GUNAWAN DI SURAKARTA. Edunomika, 06(01), 107.

www.goodnewsfromindonesia.id. (2021). Pengguna Facebook Indonesia dalam Bingkai Statistik. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/10/30/pengguna-facebook-indonesia-dalam-bingkai-statistik

Yuliawan, E., Siagian, H., Willis, L., Pengaruh Faktor Kepercayaan, A., & Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian, K. (2018). PADA ONLINE SHOP ZALORA INDONESIA (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan).




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.43166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.