ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN DANA DESA TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN RATATOTOK KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Yulita Marpaung, Debby Ch. Rotinsulu, Ita Pingkan Fasnie Rorong

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui dampak Dana Desa (DD) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) secara bersama-sama terhadap perekonomian masyarakat  di Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara.

Dana Desa (DD) adalah serangkaian usaha dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sejalan dengan berjalanannya waktu, disadari bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak serta merta dapat mengatasi masalah pengangguran, kemiskinan di perdesaan, distribusi pendapatan yang timpang.

Metode Analisis yang di gunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan data sekunder dan data primer  yang di peroleh dari pengisian kuisioner dengan masyarakat yang meliputi tentang dana desa, indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi kepada Aparatur Sipil Negara, Wiraswasta dan Nelayan di Kecamatan Ratatotok.

Hasil Penelitian menunjukkan adanya dana desa yang telah digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, perencanaan dan penganggaran pembangunan di tingkat desa dalam pemberdayaan masyarakat, serta peningkatkan pembangunan infrastruktur dan pelayanan pada masyarakat Kecamatan Ratatotok dalam rangka pengembangan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat.

Jika Penggunaan Dana Desa di pergunakan dengan baik maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga mengalami peningkatan yang di dukung oleh kegiatan prioritas Desa dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Desa

 

Kata Kunci: Dana Desa, Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the impact of the Village Fund (DD) and Human Development Index (HDI) together on the economy of the community in Ratatotok District, Southeast Minahasa Regency.

The Village Fund (DD) is a series of efforts and policies aimed at improving the standard of living of the community. As time goes by, it is realized that high economic growth does not necessarily solve the problem of unemployment, rural poverty, and unequal income

The analysis method used is multiple regression analysis using secondary data and primary data obtained from filling out a questionnaire with the community which includes village funds, human development indexes, economic growth for State Civil Servants, Entrepreneurs and Fishermen in Ratatotok.

The results showed that there are village funds that have been used to improve community welfare, development planning and budgeting at the village level in community empowerment, as well as improving infrastructure development and services for the people of Ratatotok District in the context of developing social and economic activities for the community.

If the use of Village Funds is used properly, the level of community welfare will also experience an increase which is supported by Village priority activities in supporting economic growth in the Village

 

Keywords: Village Fund, Human Development Index, Growth

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.32823.21.2.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ