FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL (UMK) DI KOTA MANADO

Livia Tinneke Olly Kolanus, Vekie A. Rumate, Daisy S.M. Engka

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal usaha, lokasi usaha, pelatihan dan promosi produk secara bersama-sama terhadap pendapatan usaha mikro kecil (UMK) di Kota Manado. Adapun secara teoritis factor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha mikro kecil (UMK) di Kota Manado. Kemampuan pedagang, yaitu mampu tidaknya seorang pedagang dalam mempengaruhi pembeli barang dagangannya dan mendapatkan hasil yang diharapkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan para pelaku usaha mikro kecil (UMK) di Kota Manado. Dapat disimpulkan bahwa modal usaha, lokasi usaha, pelatihan dan promosi produk mampu meningkatkan pendapatan pelaku usaha mikro kecil.

 

Kata Kunci : Modal, Lokasi Usaha, Pelatihan, Promosi, Pendapatan Usaha Mikro Kecil  (UMK)

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of business capital, business location, training and product promotion together on the income of micro and small enterprises (MSEs) in Manado City. As for the theoretical factors that affect the income of micro and small enterprises (MSEs) in Manado City. The ability of traders, namely whether or not a trader is able to influence buyers of his merchandise and get the expected results. The data used in this study are primary and secondary data. The analytical tool used is multiple regression analysis. The results showed that capital had a positive and significant effect on income. Business location has a positive and significant effect on income. Training has a positive and significant effect on income. Promotion has a positive and significant effect on the income of micro and small entrepreneurs (MSEs) in Manado City. It can be concluded that business capital, business location, training and product promotion can increase the income of micro and small entrepreneurs.

 

Keywords: Capital, Business Location, Training, Promotion, Income of Micro and Small Enterprises (UMK)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.32837.21.4.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ