ANALISIS PENGARUH BELANJA PENDIDIKAN, PERTANIAN DAN PERIKANAN TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN PADA LIMA KABUPATEN DI SULAWESI UTARA

Trully Syanne Welmina Mandagi, Paulus Kindangen, Debby Ch. Rotinsulu

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh belanja pendidikan, pertanian dan perikanan terhadap tingkat kemiskinan pada lima kabupaten di Sulawesi Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh berdasarkan data yang tersedia dan yang telah disusun dan dipublikasikan oleh lembaga atau instansi tertentu yang bersumber dari Badan Pusat Statistik, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah di lima kabupaten sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Belanja pemerintah di sektor pendidikan berpengaruh tidak signifikan terhadap kemiskinan pada lima Kabupaten di Sulawesi Utara , (2) Belanja pemerintah di sektor pertanian berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan pada lima Kabupaten di Sulawesi Utara (3) Belanja pemerintah di sektor perikanan berpengaruh  signifikan terhadap kemiskinan pada lima Kabupaten di Sulawesi Utara dan (4) Secara bersama belanja pemerintah pada sektor pendidikan, pertanian dan perikanan berpengaruh signifikan terhadap kamiskinan pada lima kabupaten di Sulawesi Utara.

 

Kata kunci:     belanja pendidikan, pertanian, perikanan, kemiskinan

 

ABSTRACT

               The purpose of this study was to determine the effect of spending on education, agriculture and fisheries on poverty levels in five districts in North Sulawesi. The data used in this research is secondary data, namely data obtained based on available data and which have been compiled and published by  Central Bureau of Statistics, Regional Medium-Term Development Plans in the five sample districts. The data analysis technique used in this research is panel data regression.

               The results showed that (1) Government spending in the education sector had an insignificant effect on poverty in five districts in North Sulawesi, (2) government spending in the agricultural sector had a significant effect on poverty in five districts in North Sulawesi  (3) government spending in the fisheries sector. significant effect on poverty in five districts in North Sulawesi and (4) Taken together, government spending on the education, agriculture and fisheries sectors has a significant effect on poverty in five districts in North Sulawesi.

 

Keywords: spending on education, agriculture, fisheries, poverty

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.35098.22.2.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ