ANALISIS POLA PENGELUARAN RUTIN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Chindy Juliet Tamon, Een N. Walewangko, Agnes L.Ch.P. Lapian

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengeluaran rutin pemerintah untuk (1) pengembangan kinerja; (2) sarana penunjang; (3) untuk kesejahteraan; (4) perbandingan pola pengeluaran  ketiga pos yang ada pada Badan Pengelolaan dan Keuangan Daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode time series model ARIMA dimana penentuan model sesuai hasil run data yang terbaik. Data yang digunakan: pengeluaran rutin pemerintah untuk pengembangan kinerja, sarana penunjang dan kesejahteraan.   Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pola pengeluaran untuk pengembangan kinerja dari bulan sebelumnya berpengaruh pada bulan saat ini dan bulan selanjutnya serta menurun dan cenderung berfluktuasi; (2) pola pengeluaran untuk sarana penunjang   dari bulan sebelumnya berpengaruh pada bulan saat ini dan bulan selanjutnya serta menurun dan cenderung berfluktuasi. (3) pola pengeluaran untuk sarana penunjang   dari bulan sebelumnya berpengaruh pada bulan saat ini dan bulan selanjutnya serta meningkat dan cenderung berfluktuasi. 4) Tiga pengeluaran pemerintah pada Badan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara menunjukkan pola yang sama dan kita bisa memprediksi pengeluaran pada bulan-bulan selanjutnya pada tahun setelah data tahun penelitian ini.

Kata kunci: Pola pengeluaran pemerintah, pengembangan kinerja, sarana penunjang, kesejahteraan

 

ABSTRACT

This study aims to determine the pattern of routine government spending for (1) performance development; (2) supporting facilities; (3) for welfare; (4) a comparison of the expenditure patterns of the three posts in the Regional Finance and Management Agency in Southeast Minahasa Regency.This study used the ARIMA time series model method where the determination of the model according to the best run data results. Data used: routine government expenditures for performance development, supporting facilities and welfare. 

The results of this study are: (1) the pattern of expenditure for performance development from the previous month affects the current month and the following month and decreases and tends to fluctuate; (2) the pattern of expenditure on supporting facilities from the previous month affects the current month and the following month and decreases and tends to fluctuate.  (3) the pattern of expenditure on supporting facilities from the previous month affects the current month and the following month and increases and tends to fluctuate. 4) Three government expenditures at the Local Government Financial Management Agency of Southeast Minahasa Regency show the same pattern and we can predict spending in the following months of the year following the data of this study year.

Keywords: Government spending patterns, performance development, supporting facilities,welfare


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, L, 1999 Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Baldacci, E., Guin‐Siu, M. T., & Mello, L. D. 2003. More on the Effectiveness of Public Spending on Health Care and Education: a Covariance Structure Model. Journal of International Development: The Journal of the Development Studies Association, 15(6), 709-725.

Guritno. M., 1999. Ekonomi Publik. BPFE, Yogyakarta

Halim, A., 2007.Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Keempat.

Salemba Empat,

Jakarta.

Todaro. Michael P. & Smith. Stephen C., 2006. Pembangunan Ekonomi. Edisi ke 9, Erlangga, Jakarta.

Sangian, Elly. 2016. Analisis Pola pengeluaran Rutin Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara, Universitas Sam Ratulangi

Primandani, Ni Putu I., 2019. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Dan Investasi Terhadap Disparitas Distribusi Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten/Kota Provinsi Bali, Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.41292.22.4.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ