PENGARUH PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA MANUSIA (TENAGA KERJA) TERHADAP HASIL PEKERJAAN (STUDI KASUS PERUMAHAN TAMAN MAPANGET RAYA(TAMARA))

Cindy Viane Bertan, A. K. T. Dundu, Robert J. M. Mandagi

Abstract


Dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan suatu proyek, seringkali ditemui berbagai permasalahan yang bisa mempengaruhi hasil pekerjaan proyek tersebut. Masalah-masalah ini berupa : terbatasnya sumber daya yang ada (waktu, dana, peralatan, tenaga kerja/manusia, material dan lain-lain), organisasi proyek yang tidak tertata rapi, sistem pengendalian yang tidak tepat, ataupun masalah alam berupa pengaruh iklim/cuaca yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

Setiap pelaksanaan proyek tentunya mempunyai suatu tujuan dasar yaitu berusaha untuk mencapai ketepatan waktu, mutu dan ketepatan biaya sesuai dengan yang direncanakan dimana pencapaiannya sangat bergantung pada suatu sistem manajemen yang baik, dimana salah satu aspek manajemen ini adalah pengurus tenaga kerja. Analisa regresi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendayagunaan sumber daya manusia (tenaga kerja) terhadap hasil pekerjaan dengan terlebih dahulu menghitung korelasinya.

Penerapan metode ini digunakan pada pelaksanaan pekerjaan penyusunan batako dan pelaksanaan pekerjaan plesteran dinding di perumahan Taman Mapanget Raya (TAMARA). Kegunaan untuk memprediksi variabel terikat (Y) sebagai volume pekerjaan bila variabel bebas (X) sebagai pendayagunaan sumber daya manusia (tenaga kerja) terhadap hasil pekerjaan diketahui. Dari hasil pengolahan data variabel X dan Y dengan Tabel 4.1 menghitung angka statistk dapat dilakukan uji regresi sederhana untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan persamaan regresi maka diperoleh hasil pengaruh pendayagunaan sumber daya manusia (tenaga kerja) terhadap hasil pekerjaan sebesar 91.8%.

Kata kunci : Pendayagunaan Tenaga kerja, Penyusunan Batako, Plesteran Dinding, Perumahan Taman Mapanget Raya


Full Text:

PDF