STUDI KELAYAKAN PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN BETHSAIDA BITUNG OLEH PT. CAKRAWALA INDAH MANDIRI DENGAN KRITERIA INVESTASI

Heriyantho Yoshua Febriyan, Deane R. O. Walangitan, Mochtar Sibi

Abstract


Pertambahan penduduk yang semakin pesat, mengakibatkan kebutuhan akan tempat tinggal/ pemukiman juga meningkat. Untuk memenuhi permintaan masyarakat akan tempat tinggal, maka pemerintah dan developer sebagai penyedia atau pengembang perumahan mengantisipasi hal ini dengan melakukan pembangunan perumahan. Proyek pembangunan perumahan seperti ini, membutuhkan dana investasi yang besar. Sehingga apabila tidak direncanakan / diperhitungkan dengan baik dapat menimbulkan resiko untuk jangka panjang.

Studi Kelayakan Proyek dalam penulisan ini ditinjau dari aspek finansial yaitu biaya (cost) dan manfaat (benefit) dengan menggunakan Kriteria Investasi. Adapun besaran-besaran yang dipakai dalam metode ini adalah : Gross Benefit/Cost Ratio (Gross B/C), Net Benefit/Cost Ratio (Net B/C), Profitability Ratio, Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR), dan Payback Period (PP).

Dari hasil analisis perhitungan menggunakan Kriteria Investasi diperoleh, Gross Benefit/Cost Ratio (Gross B/C) > 1, Net Benefit/Cost Ratio (Net B/C) > 1, Profitability Ratio > 1, Net Present Value (NPV) > 0, Internal Rate Of Return (IRR)= 74.375% lebih tinggi dari discount rate yang diambil yaitu 12% - 20%, dimana Pinjaman/Bunga Bank 15%, dan Payback Period (PP) untuk investasi yang bernilai Rp.4,773,300,000, menunjukan bahwa investasi yang dikeluarkan akan kembali pada tahun ke-5, bulan ke-10 dan hari ke-17, lebih kecil dari umur proyek yaitu 15 tahun.

 

Kata Kunci : Kriteria Investasi. Investasi, Aspek Finansial.


Full Text:

PDF