EVALUASI STRUKTUR PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2013 (STUDI KASUS: RUAS JALAN YOS SUDARSO MANADO)
Abstract
Lapisan perkerasan jalan lambat laun akan mengalami penurunan tingkat pelayanannya, sehingga mempercepat kerusakan fungsional maupun struktural perkerasan. Evaluasi struktur pada Ruas Jalan Yos Sudarso banyak dilewati oleh lalu lintas yang berdimensi besar. Oleh karena itu Indeks Permukaan tingkat pelayanan dari ruas jalan ini perlu terus dipertahankan hingga akhir umur rencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar beban lalu lintas, lendutan balik, IRI, dan besar penurunan kinerja jalan, serta menentukan jenis perawatan yang dibutuhkan dan kapan pekerjaan itu dilakukan.
Dalam penelitian ini data yang diambil yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data lendutan Benkelman Beam. Data sekunder terdiri dari data Volume Lalu Lintas dan data International Roughness Index (IRI) jalan. Analisis data dimulai dengan menghitung Cumulative Equivalent Single Axle Load (CESAL) berdasarkan Bina Marga 2013, kemudian menghitung lendutan balik dari hasil pengujian dengan alat Benkelman Beam (BB) menggunakan metode Pd T-05-2005-B, serta menentukan Indeks Permukaan berdasarkan nilai IRI dengan menggunakan grafik hubungan Indeks Permukaan (IP) dan IRI yang bersumber dari National Cooperative Highway Research Program (NCHRP).
Penurunan nilai indeks permukaan pada ruas jalan Yos Sudarso Manado untuk tahun 2017 setelah dioverlay memiliki nilai IP 1,4 yang berarti jalan sudah harus direhabilitasi dengan beban lalu lintas yang melintas sebesar 16,764,362 ESA yang memiliki persentase 25.3% yang didapatkan dari tahun pertama sampai tahun ke-6 untuk jenis kendaraan berat, tetapi untuk tahun 2017 tidak ada penanganan pada ruas tersebut dan diperkirakan pada akhir umur rencana Indeks Permukaan akan mencapai angka 0 yang berarti jalan sudah rusak berat dan menggangu lalu lintas. Pada tahun 2018 agar kondisi tetap pada pelayanan yang baik maka harus segera dilakukan rekonstruksi untuk mencegah kerusakan pada ruas tersebut akan bertambah parah.
Kata Kunci: Beban Lalu Lintas, Lendutan, Indeks Permukaan, IRI