MODEL STRATEGI PERJANJIAN KONTRAK FIDIC DAN KONTRAK NASIONAL PADA KONTRAKTOR IJO DALAM PROYEK INFRASTRUKTUR JALAN TOL MANADO-BITUNG

Amanda Triselya Sanaky, Ariestides K. T. Dundu, Shirly S. Lumeno

Abstract


Pembangunan jalan Tol Manado-Bitung adalah kerja sama patungan yang melibatkan kontraktor domestik dan kontraktor asing untuk mengerjakan sebuah proyek bersama-sama dalam waktu yang telah ditetapkan dalam kontrak, yang lebih dikenal dengan Internasional Joint Operation. Kerja sama ini memerlukan standar kontrak yang menjadi acuan untuk memulai rangkaian proyek.

Penelitian ini mengevaluasi perjanjian kontrak FIDIC dan Kontrak Nasional pada Kontraktor IJO Proyek Infrastruktur Jalan Tol Manado-Bitung.Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dimana hasil survey, kuisioner dan wawancara diolah dengan metode analisa SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:dalam kerja sama Internasional Joint Operation pada proyek Tol 1 bentuk kontrak adalah FIDIC, sedang pada proyek Tol 2 menggunakan kontrak Nasional, sehingga kualitas dokumen kontrak yang digunakan juga mempunyai kerangka masing-masing sebagai acuan kerja. Faktor yang paling dominan mempengaruhi salah satu kinerja proyek adalah adanya potensi sengketa; dan berdasarkan Analisa SWOT, model strategi penerapan perjanjian kontrak FIDIC pada Tol 1 dan Kontrak Nasional pada Tol 2 sudah tepat dengan mempertimbangkan jenis sengketa dan penyebab sengketa dalam pelaksanaan proyek.

 

Kata Kunci: Tol Manado-Bitung, kontrak, kerja sama, kontraktor domestic, kontraktor asing, IJO, FIDIC, SWOT


Full Text:

PDF