SIMULASI PENGARUH BEBAN ANGIN TERHADAP DISTRIBUSI DISPLACEMENT PADA BERBAGAI TINGGI BEJANA TEKAN

Hengky Luntungan, Gerrits D. Soplanit, Farrell S. Kiling, Stenly Tangkuman

Abstract


Bejana tekan (pressure vessel) merupakan komponen vital dalam industri proses, yang berfungsi menangani fluida bertekanan. Bejana tekan mengalami berbagai beban, salah satunya adalah beban angin.Akibat beban angin adalah bergetarnya bejana dan terjadi displacement atau defleksi pada bejana tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh distribusi defleksi bejana tekan vertikal yang diakibatkan oleh beban angin pada berbagai tinggi bejana.Sebagai studi kasus diambil lokasi Kawasan Industri Bitung di Provinsi Sulawesi Utara. Hasil penelitian ini juga akan memberikan nilai tinggi maksimum bejana tekan yang diperbolehkan di Kawasan Industri Bitung.
Penelitian ini dilaksanakan dengan urutan berikut: menganalisis kecepatan angin menjadi beban angin, membuat model dan menganalisis defleksi yang terjadi pada bejana, dan menerapkan analsisi ke berbagai tinggi bejana tekan. Beban angin dianalisis dari data kecepatan angin di Kota Bitung yang diperoleh dari BMKG Stasiun Maritim Bitung.
Dari penelitian ini telah diperoleh simulasi displacement bejana tekan akibat beban angin menggunakan perangkat lunak.Ditampilkan juga sebaran tegangan yang terjadi disepanjang tinggi bejana tekan.
K
ata kunci Displacement , angin, bejana tekan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.