KUALITAS PELAYANAN PUBLIK POLI ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH NOONGAN KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA

Klaudia Moniung, Marthen Kimbal, Fanley Pangemanan

Abstract


Pelayanan yang baikĀ  merupakan akumulasi dari proses dari sumberdaya-sumberdaya yang dimiliki oleh instansi yang kemudia dimaksimalkan dalam rangka kepuasan pengguna yakni masyarakat luas. Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu aspek yang diperhatikan oleh pemerintahan. Sektor kesehatan adalah merupakan kebutuhan pokok masyarakat baik dari kalangan atas, mengenah maupun bawah, karena aspek ini mengena pada setiap individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan di Poliklinik Anak pada Rumah sakit Umum Daerah Tipe C Noongan Provinsi Sulawesi Utara, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, diharapkan dapat menggali permasalahan lebih mendalam sehingga diperoleh jawaban sebagai bentuk pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan dari aspek bukti langsung, rumah sakit umum daerah Noongan telah memiliki berbagai fasilitas serta tenaga medis dan telah ada poliklinik termasuk anak, bukti langsung yang dapat terlihat adalah ruangan poli klinik dan juga kesiapan tenaga perawat dan medis. Namun jumlahnya belum cukup untuk memnuhi kunjungan pasien yang semakin hari semakin bertambah, selanjutnya dari aspek keandalan, secara keseluruhan rumah sakit umum daerah Noongan semakin hari semakin berkembangan sehingga pada tahun 2019 menjadi hospital tourism, khususnya untuk poli anak belum sepenuhnya dapat diandalkan hal tersebut besarnya wilayah dan pasien yang datang berobat ke rumah sakit Noongan khususnya poli anak sehingga terkadang petugas menjadi kewalahan. Namun secara kualitas petugas medis dapat diandalkan dalam melayani pasien.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Poli Anak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.