HUBUNGAN ANTARA MUTU JASA PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS MELONGUANE KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Tresna Astari Maarisit, Febi Kolibu, Budi T. Ratag

Abstract


Mutu jasa pelayanan yang terdapat di Puskesmas Melonguane menunjukkan tidak adanya keterbukaan informasi mengenai alur pelayanan dimulai dari waktu pelayanan dan administrasi serta biaya/tarif pelayanan baik biaya administrasi atau pengobatan/ tindak medis tidak diinformasikan secara jelas kepada masyarakat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mutu jasa pelayanan dengan kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud. Penelitian ini berbentuk secara survei analitik dengan desain penelitian  cross sectional study, dilaksanakan pada bulan Juli – Oktober 2016 di Puskesmas Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud. Populasi pada penelitian ini sebesar 1.201 pasien. Dengan teknik pengambilan sampel secara quota sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 93 pasien peserta BPJS kesehatan dengan  hasil uji statistik chisquare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara  mutu jasa pelayanan dengan kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud. bukti fisik dengan nilai p-value 0,000, kehandalan nilai p-value 0,003, kecepatan pelayanan dengan nilai p-value 0,000, jaminan dengan nilai p-value 0,000, dan perhatian dengan nilai p-value 0,002. Dapat disimpulkan bahwa nilai p-value < 0,05 terdapat hubungan antara bukti fisik, kehandalan, kecepatan pelayanan, jaminan, dan asuransi dengan kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud. Perlu ditingkatkan lagi mutu jasa pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada pasien peserta BPJS kesehatan yang ada di Puskesmas Melonguane.

 

Kata kunci : Mutu Jasa Pelayanan, Kepuasan Pasien  BPJS Kesehatan

 

ABSTARCT

The quality of services in Melonguane Health Center showed nothing a transparency information about servive flom begin from service time, as we as neither administration cost not treatment was published clearly to society. Purpose of this research is to know the relationship quality of health care with satsfaction of social protection patients in Melonguane health center Talaud. Tihs research formed analytical survey with research design cross sectional study, executed on Juli until October 2016 in Melonguane Health Center Talaud. Population in this research as big as 1.201 patients by using quota sampling technique. Samples in this research about 93 patients including of social protection patients with the statistical test result of chisquare with CI = 95% α =0,05. Research result showed that there are relationship quality of health care with patients satsfaction of social protection in Melonguane health center Talaud. Physical evidence with p-value 0,000, reliability with p-value, 0,003, responssiveness with p-value 0,000, assurance with p-value 0,000 and emphaty with p-value 0,002. Can be concluded that the p-value < 0,05. There are relationship among physical evidence, reliabiliy, responsiveness, assurance, and emphaty with satisfaction of social protection patients in Melonguane helath center.

 

Keyword : Quality Of Health Care, Patients Satisfaction Health Social Protection

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




My Statistic JournalStatcounter