HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK PELAJAR KELAS XI DI SMA NEGERI 9 MANADO

Bella Vista Esther, A. A.T Tucunan, A. A Rumayar

Abstract


Media sosial sangat menguntungkan dan juga tidak menguntungkan bagi siswa, banyak siswa yang memanfaatkan situs-situs di media sosial untuk mengembangkan berbagai keterampilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi dan pendidikan mereka Penggunaan media sosial sangat berpengaruh secara positif dan negatif terhadap prestasi akademik pelajar. Prestasi akademik pada pelajar di SMA Negeri 9 Manado bisa dikatakan baik karena dilihat dari kegiatan belajar di sekolah yang telah menghasilkan pelajar-pelajar yang berprestasi. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui ada hubungan penggunaan media sosial dengan prestasi akademik pelajar kelas xi di SMA Negeri 9 Manado. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional study atau studi potong lintang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 621 pelajar dengan menggunakan metode proportional random sampling dengan jumlah 155 pelajar. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan dari masing-masing variabel yaitu penggunaan media sosial dengan prestasi akademik berdasarkan hasil analisis uji chi-square diperoleh nilai p= 0,520 atau (p≥ 0,05). Kesimpulan tidak terdapat hubungan antara penggunaan media sosial dengan prestasi akademik pelajar kelas xi di SMA Negeri 9 Manado. Saran untuk semua pelajar di SMA Negeri 9 Manado tetap meningkatkan prestasi dan menjadi contoh bagi pelajar-pelajar di sekolah lain dan untuk orang tua pelajar agar dapat bekerjasama dengan sekolah untuk memberikan pengawasan terhadap anak.

Kata kunci : Media Sosial, Prestasi Akademik

ABSTRACT
Currently highly profitable social media and also no profitable for students, many of the students who utilize sites in social media to develop a variety of skills aimed at improving the socio-economic well being and their edication. The use of social media is very influential positive and negative to student acedemic performance. Academic performance in senior high school students could be said good as seen from learning activity in a school that has produced a senior high school students. The purpose of this research is to know the use of social media relationships with academic performance of students of class xi ini senir high school 9 manado. This is a quantitative research study that is analytic survey approach to cross sectional study. The population in this study totaled 621 students and obtained samples of using proportional random sampling with the amount of 155 students. The result of this study showed there was no relationship there is no significant relationship of each variable that is social media use by academic performance based on the results of the analysis of the test chi-square value obtained p= 0,520 atau (p≥ 0,05). There is no relationship between the use of social media with the academic performance of students of class xi in senior high school 9 manado. Advice for students in senior high school 9 manado to keep increasing the accomplishments that have achieved and could be an example to the other students and for parents of students in order to team up with school to provide oversight of.

Keywords : Social Media, Academic Performance


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




My Statistic JournalStatcounter