PENGARUH PENYULUHAN DENGAN TEKNIK CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN PELAJAR TENTANG GIZI SEIMBANG DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TOMPASO (STUDI KASUS SD GMIM 2 DAN SD NEGERI 2 TOMPASO)

Geraldy Goni, Joy A.M Rattu, Nancy S.H Malonda

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi gizi seseorang adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi. Berkurangnya pengetahuan tersebut juga akan mengurangi kemampuan seseorang untuk menerapkan informasi gizi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan seseorang yaitu dengan cara memberikan pendidikan gizi sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan teknik ceramah terhadap pengetahuan pelajar tentang gizi seimbang di sekolah dasar Kecamatan Tompaso (SD GMIM 2 Tompaso dan SD Negeri Tompaso). Jenis penelitian yang digunakan true eksperiment dengan random pretest-posttest control group design. Tempat penelitian di sekolah dasar Kecamatan Tompaso dari bulan Agustus sampai September 2019. Jumlah sampel yaitu 40 yang terdiri dari 20 eksperimen dan 20 kontrol. Penelitian ini menggunakan analisis data uji t test. Hasil penelitian ini yaitu pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan penegtahuan pada pre-test dan post-test dengan nilai p value = 0,97 (α>0,05). Hasil pre-test dan post-test kelompok eksperimen terdapat perbedaan dengan nilai p value = 0,00 (α<0,05). Terdapat pengaruh penyuluhan dengan teknik ceramah terhadap pengetahuan anak tentang gizi seimbang pada anak sekolah dasar di Tompaso Kabupaten Minahasa pada kelompok kontrol dan eksperimen dengan hasil p value = 0,000 (α<0,05). Kesimpulannya yaitu tidak terdapat peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada pelajar di kelompok kontrol yaitu SD GMIM 2 Tompaso, terdapat peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada pelajar di kelompok eksperimen yaitu SD Negeri Tompaso, dan terdapat pengaruh penyuluhan dengan teknik ceramah tentang gizi seimbang pada pelajar sekolah dasar dengan hasil yang bermakna pada kelompok kontrol dan eksperimen.

 

Kata Kunci: Metode ceramah, gizi seimbang

 

ABSTRACT

One of the factors that influence a person’s nutrition is a lack of knowledge about nutrition. The reduced knowledge will also reduce a person’s ability to apply nutritional information in daily life. One way to increase one’s knowledge is to provide nutrition education as early as possible. This study for determine the effect of counseling with lecture techniques on student knowledge about balanced nutrition in elementary schools in Tompaso Distrct (Elementary School of GMIM 2 Tompaso and State of Elementary School Tompaso). The type of research used is true experiment with randomized pretest-posttest control group design. The research site was in the elementary school of Tompaso district from August to September 2019. The number of samples was 40 consisting of 20 experiments and 20 controls. This research uses t-test data analysis. The results of this study are that in the control group there were no differences in knowledge in the pre-test and post-test with p value = 0,97 (α>0,05). The results of the pre-test and post-test experimental groups there are differences with p value = 0,000 (α<0,05). There is an influence of counseling with lecture techniques on children’s knowledge about balanced nutrition in elementary school children in Tompaso Minahasa Regency in the control and experimental groups with the results of p value = 0,000 (α<0,05). The conclusion is that there is no increase in knowledge about balanced nutrition for students in the control group Elementary School of GMIM 2 Tompaso, there is an increase in knowledge about balanced nutrition for students in the experimental group State of Elementary School Tompaso, and there is an influence of counseling with lecture techniques on balanced nutrition in Elementary School. Students with meaningful result in the control and experimental groups.

 

Keywords: Lecture technique, balanced nutrition


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




My Statistic JournalStatcounter