PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAUAN DAN SIKAP PESERTA DIDIK TENTANG BAHAYA MEROKOK DI SMA DAN SMK LIRUNG TALAUD

Oktavian M. Sinundeng, Sulaemana Engkeng, Budi. T. Ratag

Abstract


Kebiasaan merokok merupakan masalah kesehatan masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian khusus dimana perilaku ini tidak hanya ditemukan pada orang dewasa tapi juga pada anak-anak, laki-laki maupun perempuan. Merokok merupakan suatu bentuk perilaku yang buruk yang dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Dalam mencegah kebiasaan merokok bagi peserta didik dapat di lakukan tindakan promotif melalui pendidikan kesehatan dengan menggunakan media audio visual yang memberikan informasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetauan dan sikap yang baik terhadap pencegahan merokok. TujuanPenelitiannyaUntuk  Menegtahui Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan dan Sikap Peserta didik tentang Bahaya  Merokok di SMA dan SMK Lirung Talaud. Dengan metode penelitian menggunakan Quasy Experimental dengan rancangan Pre test – Post with Control Group, Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas X dan XI, dengan jumlah responden 66 peserta didik, Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Purposive Sampling, penelitian di lakukan pada bulan Desember 2019. Hasil uji statistic Paired t test yaitu nilai mean pengetahuan kelompok eksperimen pada saat pre-test berjumlah 2,61 dan nilai mean pada saat post-test berjumlah 3,18 dengan nilai p-velue 0.00. hasil uji statistic Paired t test yaitu pengetahuan kelompok kontrol pada saat pre-test berjumlah 2,58 dan nilai mean pada saat post-test berjumlah 2,61dengan nilai p-value 0.831. Kesimpulannya Terdapat Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetauan dan Sikap peserta didik tentang bahaya merokok.

 

Kata Kunci : Media Audio Visual dan Bahaya Merokok

 

ABSTRACT

The smoking habit is a public health problem that needs special attention where this behavior is not only found in adults but also in children, men and women. Smoking is a form of bad behavior that can cause health hazards. In preventing smoking for students, promotive action can be taken through health education by using audio-visual media that provides information and education to increase knowledge and good attitudes towards smoking prevention. The aim of the research was to determine the effect of audio visual media on the knowledge and attitudes of students about the dangers of smoking in SMA and SMK Lirung Talaud. With the research method using Quasy Experimental with a pre-test - post control group design, the sample in this study used 2 classes, namely class X and XI, with the number of respondents 66 students, the sampling technique used in this study was the purposive sampling method, The research was carried out in December 2019. The results of the Paired t test statistical test were the mean value of the experimental group's knowledge at the pre-test amounted to 2.61 and the mean value at the post-test was 3.18 with a p-velue value of 0.00. Statistical test results Paired t test, namely the control group knowledge at the time of pre-test amounted to 2.58 and the mean value at the time of the post-test amounted to 2.61 with a p-value of 0.831. The conclusion is that there is an effect of audio visual media on knowledge and attitudes of students about the dangers of smoking.

 

Keywords: Audio Visual Media and the Dangers of Smoking


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




My Statistic JournalStatcounter