HUBUNGAN KEBIASAAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN STATUS MENTAL KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK SEKOLAH di SD NEGERI 1 TAHUNA KABUPATEN SANGIHE
Abstract
Era digitalisasi usia anak untuk bersentuhan dengan gadget sudah semakin mudah, dikarenakan gadget menanpilkan fitur-fitur aplikasi, game, dan multimedia yang mebuat anak tertarik untuk memainkanya. Namun penggunaan Gadget secara berlebihan menibulkan dampak bagi kesehatan mental anak khususnya dalam pengembangan kecerdasan emosional anak yang dapat membuat anak sulit mengekspresi emosinya dengan tepat, kemampuan dalam berempati, mengolah emosi, Memotivasi diri sendiri, dan Mengenali emosi orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gedget dengan Status Mental Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 1 Tahuna. Metode penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional dengan pendekatan cross sectional dilaksanakan di SD Negeri 1 Tahuna Kabupaten Sangihe pada bulan September 2020 dengan jumlah reposnden 90 Siswa. Variabel penelitian kebiasaan penggunana Gadget dan Kecerdasan Emosional. Instrumen penelitian menggunakan Kuesioner. Hasil penelitian Durasi penggunan gadget didapatkan 39 siswa atau 43,3% menggunakan gadget <2 jam dalam kategori baik, untuk kecerdasan emosional anak didapatkan kategori baik dengan 48 siswa atau 53,3%. untuk Uji statistik Somers’D dengan α 0,05 hasil penelitian di dapatkan bahwa ρ value = 0,025 kurang dari 0,05 artinya terdapat hubungan. Kesimpulan penelitian terdapat hubungan kebiasan penggunan gadget dengan satus mental kecerdasan emosinal pada anak sekolah. Saran diharapkan bagi orang tua siswa agar lebih berhati-hati dalam meberikan keluasaan pada anak untuk bermain gadget jika anak sudah melebih batas maksimal yaitu lebih dari 3 jam dalam sehari dan utamakan untuk sering bermain dengan anak tanpa menggunakan gadget agar meperkuat hubungan orang tua dan anak.
Kata Kunci : Gadget, Kecrdasan Emosional
ABSTRACT
The era of digitizing the age of children to come into contact with gadgets is getting easier, because gadgets display application, game, and multimedia features that make children interested in playing them. However, excessive use of gadgets has an impact on children's mental health, especially in the development of children's emotional intelligence, which can make it difficult for children to express their emotions appropriately, the ability to empathize, process emotions, motivate themselves, and recognize the emotions of others. The purpose of this study is to analyze the relationship between the habit of using gedget and the mental status of emotional intelligence in school-age children at 1 year public elementary school. A correlational quantitative research method with a cross sectional approach was carried out at SD Negeri 1 Tahuna Sangihe Regency in September 2020 with a total number of reposnden of 90 students. Research variables of Gadget usage habits and Emotional Intelligence. The research instrument used a questionnaire. The results showed that 39 students or 43.3% of the time using gadgets used gadgets <2 hours was in the good category, for children's emotional intelligence it was found that the good category was 48 students or 53.3%. For the Somers'D statistical test with α 0.05, the results showed that ρ value = 0.025 was less than 0.05, meaning that there was a relationship. The conclusion of the study is that there is a relationship between the habits of using gadgets and the mental status of emotional intelligence in school children. Suggestions are expected for parents of students to be more careful in giving flexibility to children to play gadgets if the child has exceeded the maximum limit, which is more than 3 hours a day and prioritize playing with children often without using gadgets to strengthen the relationship between parents and children.
Keywords: Gadgets, Emotional Intelligence
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.