HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 LIRUNG KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Wiwin A. Bagania, Franckie R.R. Maramis, Febi K. Kolibu

Abstract


Saat ini dengan adanya smartphone kita bisa terhubung dengan teman serta sanak-saudara yang jaraknya jauh. Kehadiran smartphone dapat memberikan berbagai manfaat dan kemudahan untuk penggunanya terlebih khusus bagi peserta didik, smarphone tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk telepon dan sms saja melaiankan dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dimana mereka dapat mempelajari hal-hal baru melalui fasilitas yang tersedia di dalam smartphone.  Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara penggunaan smartphone dengan motivasi belajar pada peserta didik di SMA Negeri 1 Lirung Kabupaten Kepulauan Talaud. Metode penelitian menggunakan survei analitik dengan desain penelitian yang bersifat cross sectional study (potong lintang). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Lirung dan waktu pelaksanaanya bulan November 2020 sampai bulan April tahun 2021. Responden ialah peserta didik kelas X, XI, dan XII. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel 162 peserta didik yang didapatkan melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan berupa analisis univariat dan analisis bivariate. Pengolahan data yang digunakan uji Chi Squaretest.untuk tingkat signifikasi 95%(α=0,05). Hasil dari penelitian didapatkan penggunaan smartphone sering dan memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 75,90% , dengan asil uji chi-square yang menunjukan nilai p=0,000 (p-value < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan smartphone dengan motivasi belajar pada peserta didik di SMA Negeri 1 Lirung.

 

Kata kunci: Smartphone, Motivasi Belajar, Peserta Didik

 

ABSTRACT

Nowadays with smartphones we can connect with friends and relatives who are far away. The presence of smartphones can provide various benefits and conveniences for its users, especially for students, smartphones not only function as a tool for calling and sms but can be used as a learning tool where they can learn new things through the facilities available in the smartphone. The purpose of the study was to determine the relationship between smartphone use and learning motivation in students at SMA Negeri 1 Lirung, Talaud Islands Regency. The research method used an analytic survey with a cross-sectional study design. This research was conducted at SMA Negeri 1 Lirung and the implementation time was from November 2020 to April 2021. The respondents were students of class X, XI, and XII. The sampling technique used the Accidental Sampling method with a sample of 162 students obtained through a questionnaire. Analysis of the data used in the form of univariate analysis and bivariate analysis. Data processing used Chi Squaretest test for 95% significance level (α = 0.05). The results of the study showed that the use of smartphones was frequent and had high learning motivation as much as 75.90%, with the results of the chi-square test which showed p value = 0.000 (p-value <0.05). Based on these results, it can be concluded that there is a relationship between smartphone use and learning motivation in students at SMA Negeri 1 Lirung.

Keywords: Smartphone,Motivation to learn, students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




My Statistic JournalStatcounter