HUBUNGAN ANTARA MUTU JASA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KAKASKASEN KOTA TOMOHON

Winda E E Mongdong, Febi K Kolibu, Franckie R R Maramis

Abstract


Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam
wilayah kerjanya. Berkembangnya masyarakat kelas menengah maka tuntutan untuk mendapatkan
pelayanan kesehatan yang lebih bermutu juga meningkat. Dimensi mutu layanan kesehatan yang
berhubungan dengan kepuasan pasien dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat dan kesejahteraan
masyarakat. Layanan kesehatan yang bermutu sering dipersepsikan sebagai suatu layanan kesehatan
yang dapat memberi apa saja yang kita inginkan atau dapat juga disebut sebagai kepuasan pasien. Tujuan
Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan
pasien di Puskesmas Kakaskasen kota Tomohon. Populasi adalah keseluruhan pasien rawat jalan yang
datang berkunjung di Puskesmas Kakaskasen kota Tomohon. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan
Kepuaasan Pasien (p=0,012) nilai OR 3,474. Saran kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Kakaskasen
sebaiknya melakukan survei kepuasan secara berkesinambungan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan
kesehatan dan mutu pelayanan di Puskesmas Kakaskasen.
Kata Kunci : Mutu jasa pelayanan, Kepuasaan Pasien, Puskesmas Kakaskasen


ABSTRACT
The Puskesmas hasthe authority and responsibility for maintaining public health in its working area. With
the development of the middle class society, the demands for better quality health services also increase.
Dimensions of health service quality related to patient satisfaction can affect public health and community
welfare. Quality health services are often perceived as a health service that can provide whatever we want
or it can also be referred to as patient satisfaction. The purpose of this study was to determine the
relationship between the quality ofhealth services and patient satisfaction at the Kakaskasen Public Health
Center, Tomohon City. The population was all outpatients who came to visit the Kakaskasen Community
Health Center in Tomohon City. The sampling technique in this study used purposive sampling and the
sample in this study was 100 respondents. The results showed that there was a relationship between the
quality of health services and patient satisfaction (p = 0.012) with an OR value of 3.474. Suggestions to
health workers at the Kakaskasen Puskesmas should conduct a satisfaction survey on an ongoing basis
to evaluate the performance of health services and the quality of services at the Kakaskasen Public Health
Center.
Keywords : Quality of service, Patient Satisfaction, Kakaskasen Public Health Center


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




My Statistic JournalStatcounter