PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH DI MANADO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan celebrity endorser dan online customer review sebagai penyampai pesan iklan terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian ini merupakan produk kosmetik halal Indonesia yaitu Wardah. Sampel penelitian ini adalah konsumen Wardah yang pernah melihat iklan Wardah, pernah membeli dan menggunakan produk Wardah di kota Manado. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan ialah SPSS. Hasil penelitian ini berdasarkan uji t menunjukkan variabel celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk dan berdasarkan uji t variabel online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk serta berdasarkan uji F dapat diketahui bahwa variabel celebrity endorser (X1) dan online customer review (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Wardah di kota Manado yang dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (26,163 > 3.09) dan nilai sigF sebesar 0,000 < 0,05.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.