COMBINE UNDERSAMPLING UNTUK MENANGANI DATA TIDAK SEIMBANG PADA LAMA BELAJAR SISWA DI RUMAH

Rifaldi Ardiansyah Alqaida, Gusti Ngurah Adhi Wibawa, Irma Yahya, Bahridin Abapihi, Rasdiyanah ., Lilis Laome, Ruslan .

Abstract


Due to the Covid-19 pandemic, students were forced to stay home and study online. After conducting a survey in six districts in Southeast Sulawesi province, the data was obtained was not balanced between students who studied ≥3 hours and < 3 hours with ratio of 86% (974 : 14% (164) so it was necessary to apply the resampling method to obtain appropriate conclusions. The objectives to be achieved in this study are (1) to determine the results of unbalanced data classification by logistic regression using the tomek link SMOTE method and combined undersampling. (2) determine the factors that influence the length of time students study at home. The results of the analysis show that when viewed from the sensitivity value produced by the combined undersampling technique is the highest (78.26) where the significant variable is Variable X3 (whether students like online learning or not).
Keywords: Student learning time at home
ABSTRAK
Akibat pandemi Covid 19 siswa sekolah terpaksa dirumahkan dan belajar secara daring. Setelah dilakukan survey pada enam kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara diperoleh data yang tidak seimbang antara siswa yang belajar ≥ 3 jam dan < 3 jam dengan rasio kelas 86% (974) : 14% (164) sehingga perlu diterapkan metode resampling demi memperoleh kesimpulan yang sesuai. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil klasifikasi data tidak seimbang dengan regresi logistik menggunakan metode SMOTE tomek link dan combined undersampling. (2) menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi lama siswa belajar di rumah. Hasil analisis menunjukkan bahwa jika ditinjau dari nilai sensitivitas yang dihasilkan teknik resampling combine undersampling adalah yang paling tinggi dengan nilai 78,26 dimana variabel signifikan adalah Variabel X3 (apakah siswa suka atau tidak terhadap pembelajaran daring).
Kata Kunci: Lama belajar Siswa di rumah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.