HIGHWAY DESIGN AND MAINTENANCE STANDARDS MODEL HDM-4 OVERVIEW
Abstract
HDM-4 merupakan Model yang dikembangkan oleh Bank Dunia dalam rangka memodelkan interaksi interaksi antara biaya konstruksi jalan, biaya pemeliharaan dan biaya operasional kendaraan. Sebelumnya Bank dunia telah melakukan studi terdahulu dimula sejak tahun 1968 dan melalui suatu proses yang sangat panjang. Investasi ekonomi dalam pembangunan jalan dan model pemeliharaan telah banyak dikembangkan untuk membantu perencanaan investasi jalan. HDM-4 memodelkan Highway Cost dengan memperhitungkan construction cost, maintenance cost dan Road User Cost (RUC).
Model yang dihasilkan oleh HDM-4 berupa model kerusakan jalan (Road Deterioration), Model Work Effect mensimulasikan efek pekerjaan jalan pada kondisi perkerasan dan menentukan biaya yang sesuai, Model Road User Effects dengan menentukan biaya operasi kendaraan, kecelakaan lalu lintas dan waktu perjalanan, Model Social and Environmental Effects menentukan efek dari emisi kendaraan dan konsumsi energi.
Key word : HDM-4, Bank Dunia, Road User Cost.
Model yang dihasilkan oleh HDM-4 berupa model kerusakan jalan (Road Deterioration), Model Work Effect mensimulasikan efek pekerjaan jalan pada kondisi perkerasan dan menentukan biaya yang sesuai, Model Road User Effects dengan menentukan biaya operasi kendaraan, kecelakaan lalu lintas dan waktu perjalanan, Model Social and Environmental Effects menentukan efek dari emisi kendaraan dan konsumsi energi.
Key word : HDM-4, Bank Dunia, Road User Cost.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.