PENERAPAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA) DALAM MODEL INTERVENSI FUNGSI STEP UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN MOBIL DI PT. HASJRAT ABADI CABANG TENDEAN MANADO

Authors

  • Djoni Hatidja (Sinta ID:257992) Department of Mathematics, Sam Ratulangi University, Manado https://orcid.org/0000-0003-2137-1479
  • Flora Gratia Walelang Sam Ratulangi University
  • Chriestie E.J.C Montolalu Sam Ratulangi University

Keywords:

penjualan mobil, hasjrat abadi, analisis intervensi, deret waktu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan model intervensi fungsi step pada data penjualan mobil di PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean Manado serta melihat hasil perbandingan prediksi pada penjualan mobil di PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean Manado bulan Januari sampai Desember tahun 2022. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diambil dari DMS (Dealer Management System) periode bulan Januari 2015 – Oktober 2021. Hasilnya menunjukkan bahwa model terbaik adalah model intervensi dengan orde , , dan  dengan persamaan : . Prediksi penjualan mobil di PT. Hasjrat Abadi Cabang Tendean Manado dengan model intervensi untuk Januari - Desember 2022 didapatkan hasil konstan yaitu 75 unit mobil.

Author Biography

Djoni Hatidja, (Sinta ID:257992) Department of Mathematics, Sam Ratulangi University, Manado

Department of Mathematics, Sam Ratulangi University Manado (Sinta ID:257992)

References

E. Alfonsius dan M. Rifai, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS VENDOR MANAGED INVENTORY (VMI),” PROSIDING SEMANTIK, vol. 1, no. 2, hlm. 253, 2015.

F. Pakaja, A. Naba, dan P. Purwanto, “Peramalan Penjualan Mobil Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan dan Certainty Factor,” Jurnal EECCIS (Electrics, Electronics, Communications, Controls, Informatics, Systems), vol. 6, no. 1, hlm. 23–28, 2012.

M. E. Apriyanti, “Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, hlm. 20–27, 2018.

O. Navarone, “Analisis Pengaruh Tingkat Kesuksesan Produk Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran,” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), vol. 2, no. 1, hlm. 111–122, 2003.

E. S. Utomo dan S. Atmaja, “Strategi Marketing Public Relations Dealer Daihatsu Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Di Masa Pandemi Covid-19,” JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), vol. 5, no. 2, hlm. 159–169, 2022.

R. N. A. Samudra dan D. Wibowo, “ANALISIS PEMANFAATAN SEBELUM DAN SESUDAH INSENTIF PPnBM-DTP TERHADAP PENJUALAN MOBIL PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DI GAIKINDO,” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), vol. 11, no. 10, 2022.

M. N. Lontoh, “Analisis pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian mobil Toyota pada PT. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean,” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, vol. 16, no. 1, 2016.

S. H. Musa, “Evaluasi sistem pengendalian manajemen untuk meningkatkan kinerja manajer penjualan pada PT. Hasjrat Abadi Manado,” Jurnal emba: Jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, vol. 1, no. 4, 2013.

S. Timbuleng dan J. S. B. Sumarauw, “Etos kerja, disiplin kerja, dan komitmen organisasi pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada pt hasjrat abadi cabang manado,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 3, no. 2, 2015.

A. Arisena, “PREDIKSI RETAIL SALES MOBIL TOYOTA MENGGUNAKAN METODE ARIMA (AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE),” Indonesian Journal of Strategic Management, vol. 3, no. 1, 2020.

D. Hatidja, “Penerapan Model Arima Untuk Memprediksi Harga Saham PT. Telkom Tbk.,” Jurnal Ilmiah Sains, hlm. 116–123, 2011.

S. Damayanti dan S. Yosmar, “Model intervensi fungsi step untuk peramalan harga saham PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk di masa pandemi Covid-19,” Jurnal Riset Dan Aplikasi Matematika (JRAM), vol. 5, no. 1, hlm. 10–18, 2021.

R. W. Maharsi dan N. A. N. Roosyidah, “Analisis Perbandingan Kebaikan Model Intervensi Fungsi Step dan ARIMA Box-Jenkins,” Jurnal Ilmiah Komputasi dan Statistika, vol. 1, no. 2, hlm. 1–10, 2022.

A. Crystine, A. Hoyyi, dan D. Safitri, “Analisis Intervensi Fungsi Step (Studi Kasus Pada Jumlah Pengiriman Benda Pos Ke Semarang Pada Tahun 2006–2011),” Jurnal Gaussian, vol. 3, no. 3, hlm. 293–302, 2014.

F. E. Mokorimban, Y. Langi, dan N. Nainggolan, “Penerapan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) dalam Model Intervensi Fungsi Step terhadap Indeks Harga Konsumen di Kota Manado,” d’CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, vol. 10, no. 2, hlm. 91–99, 2021.

P. Purnawansyah, H. Haviluddin, R. Alfred, dan A. F. O. Gaffar, “Network traffic time series performance analysis using statistical methods,” Knowledge Engineering and Data Science, vol. 1, no. 1, hlm. 1–7, 2017.

Published

2023-05-15

How to Cite

Hatidja, D., Walelang, F. G., & Montolalu, C. E. (2023). PENERAPAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA) DALAM MODEL INTERVENSI FUNGSI STEP UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN MOBIL DI PT. HASJRAT ABADI CABANG TENDEAN MANADO. Indonesian Journal of Intelligence Data Science, 2(1), 35–42. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/IJIDS/article/view/46021