EVALUASI KINERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEPULAUAN SULA PROVINSI MALUKU UTARA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan Evaluasi Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif-kualitatif. Evaluasi Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil tiga indikator yaitu
pengetahuan akan tugas pekerjaan yang dihadapi, output yang efektif, pengambilan keputusan.
Informan penelitian adalah Kepala Dinas, Pegawai Staf Pelaksanaan, Masyarakat. Pengumpulan data
menggunakan pedoman wawancara, observasi studi dokumentasi sedangkan teknik analisis dilakukan
melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Berdasarkan hasil analisa data
ditarik kesimpulan bahwa Evaluasi Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara dilihat dari indikator pengetahuan akan tugas pekerjaan yang
dihadapi, output yang efektif, dan pengambilan keputusan masih belum secara maksimal
dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Evaluasi Kinerja Dinas Kependudukan Dan
Pencatatan Sipil belum maksimal sehingga dapat direkomendasikan saran : meningkatkan
pengetahuan akan tugas dan pekerjaan para pegawai selain melalui evaluasi mesti ada pelatihan dan
pendidikannya terutama tentang sistem informasi, komunikasi dan teknologi yang berkembang
sekarang agar tercipta pemikiran-pemikiran baru untuk berinovasi dalam bekerja dan lebih
meningkatkan kualitas pelayanan, adakan sosialisasi dan penyuluhan terkait proses serta alur
pengurusan administrasi kepada masyarakat, tak lupa pula gunakan pengeras suara, papan
informasi, baliho, spanduk dan hal-hal sejenis untuk memberi penjelasan lebih kepada masyarakat
setiap kali berkunjung ke kantor untuk mengurus masalah administrasi, sediakan waktu merespon
dan mendengarkan keluhan serta masukan dari masyarakat tak lupa pula penambahan infrastruktur
dan fasilitas dalam hal ini teknologi harus ditingkatkan agar lebih mempermudah proses pelayanan
kepada masyarakat, dalam pengambilan keputusan koordinasi antara semua pihak yang bertanggung
jawab harus terjalin baik dan intens.
Kata Kunci: Evaluasi, Kinerja