PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PT. PLN (PERSERO) AREA MANADO)

Authors

  • DEASI KOLOAY
  • FLORENCE DEISY JETTY LENGKONG
  • NOVVA NOVITA PLANGITEN

Abstract

ABSTRAK: Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus PT. PLN Persero) Area
Manado). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan
pendekatan korelasi dan regresi. Dalam penelitian ini, variabel yang digunakan adalah kualitas
pelayanan sebagai variabel bebas sedangkan kepuasan masyarakat sebagai variabel terikat. Jadi
sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat dan pegawai PT. PLN (persero) Area Manado yang
berjumlah 35 orang. Berdasarkan hasil penelitiannya kualitas pelayanan berpengaruh positif
terhadap kepuasan masyarakat yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ= 12.069 + 0.452X
+ e serta pengujian hipotesis dengan Uji-t yang menunjukan nilai thit (3.549) lebih dari nilai ttab
(2.034) pada tingkat kekeliruhan 5% dan dk = 33, ditolaknya Ho dan HA diterima. Besar pengaruh
ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0.276 yang mengandung makna sebanyak
276%.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.

Downloads

Published

2018-10-21

How to Cite

KOLOAY, D., LENGKONG, F. D. J., & PLANGITEN, N. N. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PT. PLN (PERSERO) AREA MANADO). JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 4(63). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/21245