KINERJA RELAWAN DEMOKRASI DALAM PENDIDIKAN PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TAHUN 2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana kinerja relawan demokrasi dalam
memberikan pendidikan pemilih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif
dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi terhadap sejumlah informan dan data.
Informan relawan demokrasi dipilih secara random sampling atau secara acak di masing-masing basis
pemilih. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja relawan demokrasi sangat mempengaruhi dalam proses
pemberian edukasi atau pendidikan pemilih pada Pemilihan Umum Legislatif di Kabupaten Bolaang
Mongondow tahun 2019. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini yakni kinerja relawan
demokrasi belum optimal di tinjau dari aspek Kualitas, Kuantitas, Efektivitas Biaya, Ketepatan Waktu,
Kebutuhan akan Pengawasan, dan Hubungan antar Personal karena faktor ketrampilan, pengetahuan,
pengalaman yang dimiliki relawan demokrasi mempengaruhi kinerja relawan demokrasi ketika
memberikan edukasi atau pendidikan kepada pemilih.
Kata Kunci: Kinerja, Relawan Demokrasi, Pendidikan Pemilih