PELAYANAN PENGADUAN WAJIB PAJAK DI UPTD SAMSAT KOTA MANADO
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses bagaimana pelayanan pengaduan wajibpajak di UPTD Samsat Kota Manado. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teori
yang digunakan berdasarkan prinsip-prinsip pengaduan yaitu Keterbukaan Menerima Pengaduan,
Aksesibilitas, Kemampuan Bereaksi, Transparansi dan Bertanggung Jawab. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi data yang
diperoleh dari berbagai sumber kemudian dianalisis menjadi satu kesimpulan dari proses penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pengaduan wajib pajak di UPTD Samsat
Kota Manado telah dilaksanakan dengan baik dilihat dari keterbukaan, kemudahan, kemampuan
bereaksi, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan permasalahan pengaduan. Untuk lebih
meningkatkan prinsip pelayanan pengaduan di UPTD Samsat Kota Manado, maka diharapkan untuk
lebih melatih kemampuan dan komitmen setiap petugas dalam melayani agar masalah pengaduan
semakin berkurang.
Kata kunci: Pelayanan, Pengaduan, Wajib Pajak.
Downloads
Published
2021-04-13
How to Cite
MAKAENAS, V., LENGKONG, F., & LONDA, V. (2021). PELAYANAN PENGADUAN WAJIB PAJAK DI UPTD SAMSAT KOTA MANADO. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 7(101). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/33299
Issue
Section
artikel