PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KELURAHAN KAROMBASAN UTARA KECAMATAN WANEA KOTA MANADO
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu menjelaskan atau mendeskripsikan pelayanan publik yangdilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Karombasan Utara Kecamatan Wanea Kota Manado
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pemilihan desaian kualitatif disesuaikan
dengan tujuan penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode yang umumnya
digunakan pada pendekatan kualitatif dimana peneliti sendiri sebagai instrumen dalam penelitian
dengan menggunakan Pedoman wawancara terbuka, Observasi langsung kelokasi penelitian dan
Penggunaan dokumen yang berhubungan langsung dengan dokumen – dokumen yang ada kaitannya
dengan pelayanan publik. . Adapun informan yang diwawancarai berjumlah 7 orang penentuan
informan didasari atas pertimbangan informasi, yaitu informan yang dianggap memadahi
Hasil Penelitian menunjukkan Pelayanan administrasi kepada masyarakat masih bersifat manual
melalui penggunaan tenaga pegawai yang diperhadapkan pada keterbatasan fasilitas dan kekurangan
pegawai.
Pelayanan jasa kepada masyarakat yang terwujud dalam pelayanan kebersihan serta keamanan dan
ketertiban berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Akan tetapi pelayanan jasa kebersihan
(pengangkutan sampah), keamanan dan ketertiban masih diperhadapkan dengan keterbatasan fasilitas
dan anggaran untuk operasional dan perbaikan fasilitas kerja.
Kata Kunci :Pelayanan Publik, Pemerintahan, Kelurahan
Downloads
Published
2021-07-18
How to Cite
SUOTH, R. J., TULUSAN, F., & LONDA, V. (2021). PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KELURAHAN KAROMBASAN UTARA KECAMATAN WANEA KOTA MANADO. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 7(107). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/35068
Issue
Section
artikel