45 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KANONANG LIMA KECAMATAN KAWANGKOAN BARAT KABUPATEN MINAHASA

Authors

  • RASILIA RAWIS
  • JOORIE RURU
  • HELLY KOLONDAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan public terhadap kepuasan
masyarakat di kantor desa kanonang lima kecamatan kawangkoan barat kabupaten minahasa.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian asosiatif yang berlandaskan pada
filsafat positivism. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accindental sampling
dari penelitian di desa kanonang lima kecamatan kawangkoan barat kabupaten minahasa sebanyak 38
orang. Uji validitas instrument mengunakan korelasi bivariate pearson sedangkan uji reabilitasnya
menggunakan Cronbach Alph. Dengan hasil pengujian seiruh item pertanyaan dinyatakan valid dan
memiliki tingkat reabilitas yang tinggi. Teknik analisis untuk uji hipotesis yang digunakan adalah
analisis regresi sederhana untuk menghitung besarnya pengaruh variabel bebas dengan variabel
terkait dan analisis korelasi sederhana mengukur kekuatan hubungan 2 variabel tersebut serta uji t
(uji hipotesis) untuk menguji pengaruh signifikan antara variabel bebas dan variabel terkait dengan
bantuan software SPSS. Berdasarkan analisis koefisien korelasi (r) = 0,614 yang berarti korelasi kedua
variabel tersebut positif dan signifikan. Analisis regresi sederhana diperoleh Ŷ = 7,069 + 0,123 yang
berarti hubungan antara kedua variabel adalah positif. Berdasarkan hasil pengujian signifikansi
diperoleh F hitung = 4,669 dengan F tabel 2,028 pada taraf signifikansi 0,05. Dari data tersebut
diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel dimana Fhitung 4,669 > 2,028.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

RAWIS, R., RURU, J., & KOLONDAM, H. (2022). 45 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KANONANG LIMA KECAMATAN KAWANGKOAN BARAT KABUPATEN MINAHASA. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 8(114). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/38188

Issue

Section

artikel