PERILAKU APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS SOSIAL KABUPATEN HALMAHERA BARAT

Authors

  • STEVAN SEWA
  • JOHNNY POSUMAH
  • NOVVA PLANGITEN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku Aparatur Sipil Negara dalam
pelayanan publik di Dinas Sosial Kabupaten Halmahera Barat. Penelitian menggunakan metode
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, sedangkan teknik
analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif. Temuan penelitian bahwa
kemampuan hubungan sosial/kerja sama pegawai dalam pelayanan public cukup baik dilihat dari kerja
sama antara sesama pegawai maupun kerja sama dengan pimpinan/atasan. Kualitas kerja pegawai
dalam pelayanan public umumnya cukup baik dilihat dari ketelitian dan kecermatan dalam bekerja
dan kualitas hasil produk layanan. Kebiasaan kerja pegawai dalam pelayanan publik umumnya cukup
baik dilihat dari kedisiplinan dalam melaksanakan pelayanan, daya tanggap atau kecepatan
menanggapi kebutuhan dan harapan masyarakat penerima pelayanan, ketepatan waktu dalam
menyelesaikan pekerjaan pelayanan, dan keramahan dalam menghadapi masyarakat yang dilayani.
Pengendalian diri pegawai dalam pelayanan public cukup baik dilihat dari profesionalitas dalam
melakukan pekerjaan pelayanan, dan tindakan menghindari atau tidak melakukan dari perbuatan
tercela atau tidak baik (menerima imbalan, pungutan liar, dan lainnya) dalam melakukan pelayanan.
Kata Kunci :Perilaku, Aparatur Sipil Negara, Pelayanan Publik

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

SEWA, S., POSUMAH, J., & PLANGITEN, N. (2022). PERILAKU APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS SOSIAL KABUPATEN HALMAHERA BARAT. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 8(114). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/38190

Issue

Section

artikel