INOVASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA SISTEM LAYANAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MANADO)

Authors

  • DHIA NAJMI ASTIKA HARUN
  • JOYCE RARES
  • RULLY MAMBO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi dalam pelayanan publik pada sistem
layanan online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat lima
indikator yang dijadikan sebagai fokus pada penelitian ini yaitu : 1) Relative advantage (keuntungan
relatif), 2) Compatibility (kesesuaian), 3) Complexity (kerumitan), 4) Triability (kemungkinan dicoba),
5) Observability (kemudahan diamati). Berdasarkan observasi yang dilakukan di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado terkait layanan online sudah cukup baik, akan
tetapi masih terdapat beberapa kendala yang ditemui pada proses pelayanan online ini.
Kata kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Sistem Layanan Online

Downloads

Published

2022-04-10

How to Cite

HARUN, D. N. A., RARES, J., & MAMBO, R. (2022). INOVASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA SISTEM LAYANAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MANADO). JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 8(116). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/40070

Issue

Section

artikel