ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENCATATAN SIPIL KOTA MANADO

Authors

  • SUTRI SULISTIYOWATI
  • JOORIE RURU
  • VERY LONDA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
publik di Dinas Pencatatan Sipil Kota Manado. Diera globalisasi saat ini, dimana tingkat kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan publik dipandang sebagai keunggulan yang kompetitif, karena tingkat
kepuasan masyarakat merupakan salah satu faktor yang menentukan pemilihan sesuatu yang dapat
memuaskan kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan
teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi, dan studi pustaka dengan jumlah
sampel yang diambil untuk mewakili populasi sebesar 60 responden dengan mengggunakan teknik incidental
sampling dimana responden diambil berdasarkan pada kehadiran ditempat pelayanan jasa di Dinas
Pencatatan Sipil Kota Manado, untuk teknik analisis data menggunakan koefisien determinasi dimana tingkat
kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik adalah sebesar 0,521 atau sebesar 52,1% sedangkan sisanya
47,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor lain. Maka, dapat dijelaskan tingkat kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan publik di Dinas Pencatatan Sipil Kota Manado saling berhubungan atau berpengaruh.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

SULISTIYOWATI, S., RURU, J., & LONDA, V. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENCATATAN SIPIL KOTA MANADO. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 8(117). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/40086

Issue

Section

artikel