DESKRIPSI SMA/SMK DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA BERDASARKAN INDIKATOR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN BERBASIS EVALUASI DIRI SEKOLAH (STANDAR SARANA DAN PRASARANA, STANDAR PENGELOLAAN, STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN)

Authors

  • Patrix Rembang PS Matematika FMIPA UNSRAT, Manado
  • Djoni Hatidja PS Matematika FMIPA UNSRAT, Manado
  • Hanny Komalig PS Matematika FMIPA UNSRAT, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35799/jis.17.2.2017.16907

Abstract

DESKRIPSI SMA/SMK DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA BERDASARKAN INDIKATOR STANDAR  NASIONAL PENDIDIKAN BERBASIS EVALUASI DIRI SEKOLAH (STANDAR SARANA DAN PRASARANA, STANDAR PENGELOLAAN, STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN)

 

 ABSTRAK

Standar Nasional Pendidikan merupakan sistem pendidikan yang diterapkan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mendeskripsikan SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan 4 Standar Nasional Pendidikan yang berbasis Evaluasi diri sekolah dan Memperoleh model terbaik untuk memprediksi akreditasi SMA/SMK berdasarkan 4 Standar Nasional Pendidikan terhadap Akreditasi Sekolah. Sampel yang diambil adalah 11 SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Utara. Metode yang digunakan adalah dengan analisis deskripsi dan best subset regression. Hasilnya menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskripsi, SMA Negeri 1 Tombatu adalah sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang paling baik dan SMA Negeri 2 Ratahan  adalah sekolah yang paling buruk. Sementara itu, Untuk Standar pengelolaan pendidikan SMK Negeri 1 Ratahan untuk sekolah yang paling tinggi dan SMK Kristen Tombatu untuk sekolah yang paling rendah untuk standar pengelolaan pendidikan. Selanjutnya, SMK Kristen Tombatu memiliki standar pembiayaan yang lebih tinggi dan SMK Negeri 1 Posumaen adalah sekolah yang standar pembiayaan pendidikan yang lebih rendah. SMA Negeri 1 Belang memiliki standar peniliain yang sangat tinggi dan SMK Kristen Tombatu yang terendah. Berdasarkan best subset regression diperoleh hasil untuk memprediksi Akrditasi SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan Standar Nasional Pendidikan terhadap akreditasi sekolah hanya diperlukan standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan untuk memprediksi akreditasi sekolah tanpa mengesampingkan faktor standar pengelolaan pendidikan.

Kata kunci : Standar Nasional Pendidikan, Analisis Deskripsi, best subset regression, Kabupaten Minahasa Utara


DESCRIPTION OF SMA AND SMK IN SOUTHEAST MINAHASA DISTRICT BASED ON INDICATORS OF NATIONAL STANDARDS OF EDUCATION BASED ON SCHOOL SELF EVALUATION (STANDARD OF FACILITIES AND INFRASTRUCTURE, MANAGEMENT STANDARDS, FINANCING STANDARDS AND ASSESSMENT STANDARDS)
 ABSTRACT 

National Standards of Education is an education system implemented throughout the jurisdiction of the Unitary State of the Republic of Indonesia. The purpose of this study is to describe SMA / SMK in Southeast Minahasa Regency based on 4 National Standards of Education based on school self-evaluation and Obtaining the best model to predict accreditation of SMA / SMK based on 4 National Standards of Education on School Accreditation. Samples taken are 11 SMA / SMK in North Minahasa Regency. The method used is with description analysis and best subset regression. The results showed that based on the description analysis, SMA Negeri 1 Tombatu is the school that has the best facilities and infrastructure and SMA Negeri 2 Ratahan is the worst school. Meanwhile, for the standard of management education SMK Negeri 1 Ratahan for the highest school and SMK Kristen Tombatu for the lowest school for education management standards. Furthermore, SMK Kristen Tombatu has higher financing standards and SMK Negeri 1 Posumaen is a school with a lower standard of education finance. SMA Negeri 1 Belang has a very high standard of penicillin and the lowest Vocational Christian Tombatu. Based on the best subset regression, results obtained to predict the accreditation of SMA / SMK in South Minahasa Regency based on the National Education Standards for school accreditation only required the standard of facilities and infrastructure, education financing standards and educational assessment standards to predict accreditation of schools without compromising the standard of education management.

Keywords: National Education Standards, Analysis Description, best subset regression, North Minahasa District

References

Draper, N. and Smith, H. 1992. Analisis Regresi Terapan. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hatidja, Dj. Dan Mongi, Ch. 2009. Metode Statistika I. Bahan Ajar. FMIPA Unsrat, Manado.

Johnson, R. A and D. Wichern. 2005. Applied Multivariate Statistical Analysis. Fifth Edition. Prentice Hall Inc., USA.

Nur dan Priantinah. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Indonesia. Jurnal Nominal. 1(1) : 22-34.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto, Ch., Dj. Hatidja, dan M. Paendong. 2015. Pemetaan SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Empat Indikator Standar Nasional Pendidikan Dengan Menggunakan Analisis Biplot. Jurnal De Cartesian 4(1).

Sepang, M.Z. Dj. Hatidja, Y. Langi. 2015. Pemetaan SMA dan SMK Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Proses, Pembiayaan Pendidikan, dan Penilaian Pendidikan Menggunakan Analisis Biplot di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal De Cartesian 4(2).

Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2017-08-08

How to Cite

Rembang, P., Hatidja, D., & Komalig, H. (2017). DESKRIPSI SMA/SMK DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA BERDASARKAN INDIKATOR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN BERBASIS EVALUASI DIRI SEKOLAH (STANDAR SARANA DAN PRASARANA, STANDAR PENGELOLAAN, STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN). Jurnal Ilmiah Sains, 17(2), 117–125. https://doi.org/10.35799/jis.17.2.2017.16907

Issue

Section

Articles