DESKRIPSI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA BERDASARKAN STANDAR ISI, STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, STANDAR SARANA DAN PRASARANA DAN STANDAR PENGELOLAAN

Authors

  • Leivy G. Paruntu Program Studi Matematika FMIPA, Universitas Sam Ratulangi
  • Djoni Hatidja Program Studi Matematika FMIPA, Universitas Sam Ratulangi
  • Nelson Nainggolan Program Studi Matematika FMIPA, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/jis.18.1.2018.19739

Abstract

DESKRIPSI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA BERDASARKAN STANDAR ISI, STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, STANDAR SARANA DAN PRASARANA DAN STANDAR PENGELOLAAN

ABSTRAK

Standar Nasional Pendidikan merupakan sistem pendidikan yang diterapkan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Sekolah Dasar di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan 4 Standar Nasional Pendidikan. Sampel yang diambil adalah 30 Sekolah Dasar di Kabupaten Minahasa Tenggara. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Random Sampling kecamatan dan Simple Random Sampling untuk menentukan sekolah-sekolah yang dijadikan sampel. Penelitian dilakukan pada bulan September 2017. Metode yang digunakan adalah dengan analisis deskripsi. Sebagian besar sekolah yang terakreditasi A sudah cukup baik dalam keempat standar yang diteliti dan memenuhi setiap standar yang ditetapkan. Namun ada 11,11% sekolah yang terakreditasi A masih kurang baik dalam beberapa standar. Pada keempat standar yang diteliti, rata-rata nilai tertinggi dimiliki oleh sekolah-sekolah yang terakreditasi A seperti SD GMIM Ratahan untuk standar isi dan standar pengelolaan, SD Negeri 2 Liwutung dan SD Negeri 1 Tombatu untuk standar pendidik dan tenaga kependidikan, sedangkan nilai tertinggi untuk standar sarana dan prasarana dimiliki oleh SD GMIM Bunag yang sekolahnya belum terakreditasi. Untuk nilai terendah pada standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, dan standar pengelolaan dimiliki oleh sekolah-sekolah yang belum terakreditasi yaitu SD Negeri Kecil Banga, SD GMIM 1 Silian, dan SD GMIM Lobu. Sedangkan nilai terendah pada standar isi dimiliki oleh SD Negeri 1 Liwutung yang merupakan salah satu sekolah yang sudah terkreditasi A.

Kata kunci : Sekolah Dasar, Analisis Deskripsi, Kabupaten Minahasa Tenggara

 

DESCRIPTION OF ELEMENTARY SCHOOL IN SOUTHEAST MINAHASA REGENCY BASED ON CONTENT STANDARDS, STANDARD OF EDUCTORS AND EDUCATION PERSONNEL, STANDARDS OF FACILITIES AND INFRASRUCTURE, AND MANAGEMENT STANDARDS

ABSTRACT

National Education Standards is an education system implemented throughout the jurisdiction of the Unitary State of the Republic of Indonesia. This study aims to describe elementary school in Southeast Minahasa Regency based on 4 National Education Standards. Samples taken were 30 elementary school in Southeast Minahasa Regency. Sampling using Purposive Random Sampling to determine the sub-district and Simple Random Sampling to determine the school that were sampled. The study was conducted in September 2017. The method used is by the description analysis. Most of the A-accredited school are good enough in all four standards studied and meets any specified standards. But there are 11,11% of schools accredited A is still not good in some standards. In the four standards studied, the highest average score in owned by A-accredited school such as GMIM Ratahan Elementary School for standards contents and management standards, Public Elementary School 2 Liwutung and Public Elementary School 1 Tombatu for the standard of educators and education personnel, while the highest value for the standard facilities and infrastructure is owned by GMIM Bunag Elementary School which has not been accredited. For the lowest score on the standards of eductors and education personnel, the standard of facilities and infrastructure, and management standards are owned by school that have not been acctredited namely Public Elementary School Kecil Banga, GMIM 1 Silian Elementary School, and GMIM Lobu Elementary School. While the lowest score on the content standard is owned by Public Elementary School 1 Liwutung which is one of the schools thet have been accredited A.

Keywords : Elementary School, Description Analysis, Southeast Minahasa Regency

References

Agust, J. 2016. MITRA, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1911547 [6 Desember 2017].

Daman, R. dan D. Hatidja. 2012. Pemetaan SMP-SMP di Kab. Minahasa Tenggara Berdasarkan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pebiayaan Menggunakan Analisis Biplot. Jurnal De Cartesian 1(1).

Johnson, R. A and D. Wichern. 2005. Applied Multivariate Statistical Analysis. Fifth Edition. Prentice Hall Inc., USA.

Hatidja, D. 2010. Analisis Biplot Terhadap Mutu Pendidikan SMA-SMA di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Sains, 10(1).

Hatidja, D. dan R. Take. 2012. Pemetaan SMP-SMP di Kab. Minahasa Tenggara Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi dan Standar Proses. Prosiding Seminar Nasional Matematika XVI, Bandung 3-6 Juli 2012.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto, Ch., D. Hatidja dan M. Paendong. 2015. Pemetaan SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Empat Indikator Standar Nasional Pendidikan Dengan Menggunakan Analisis Biplot. Jurnal De Cartesian 4(1).

Rembang, P., D. Hatidja, dan H. Komalig. 2017. Deskripsi SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Indikator Standar Nasional Pendidikan Berbasis Evaluasi Diri Sekolah (Standar Sarana Dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan Dan Standar Penilaian Pendidikan). Jurnal Ilmiah Sains 17(2).

Ridwan dan Akdon. 2005. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.

Sepang, M.Z., D. Hatidja, dan Y. Langi. 2015. Pemetaan SMA dan SMK Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Proses, Pembiayaan Pendidikan, dan Penilaian Pendidikan Menggunakan Analisis Biplot di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal De Cartesian 4(1).

Simamora, B. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Tarega, S.K., D. Hatidja, dan M. Paendong. 2017. Deskripsi SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Indikator Standar Nasional Pendidikan Berbasis Evaluasi Diri Sekolah (Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Jurnal Ilmiah Sains 16(2).

Taogan, Y.A., M. Paendong, dan C. Mongi. 2016. Analisis Biplot terhadap Pemetaan SMA di Kabupaten Minahasa Selatan berdasarkan Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Penilaian Pendidikan. Jurnal De Cartesian 5(1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2018-07-19

How to Cite

Paruntu, L. G., Hatidja, D., & Nainggolan, N. (2018). DESKRIPSI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA BERDASARKAN STANDAR ISI, STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, STANDAR SARANA DAN PRASARANA DAN STANDAR PENGELOLAAN. Jurnal Ilmiah Sains, 18(1), 41–52. https://doi.org/10.35799/jis.18.1.2018.19739

Issue

Section

Articles