Kajian Terhadap Motivasi Konsumen untuk Merokok dengan Analisis Faktor

Authors

  • Deiby Tineke Salaki Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35799/jis.v7i1.48088

Abstract

Alasan seseorang dalam melakukan sesuatu atau memilih sesuatu dapat dipengaruhi oleh beberapa variabel, antara lain faktor sosial, budaya, maupun faktor psikologis.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi seseorang untuk merokok. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa motivasi seseorang untuk merokok adalah menjadikan dirinya aktif, membuat pikiran menjadi segar dan nyaman, untuk bersosialisasi, membuat penampilan lebih menarik, merasakan kenikmatan dan ingin diakui sebagai masyarakat  modern serta menjadikannya sebagai suatu  kebanggaan.

Kata Kunci: Motivasi, Merokok, Analisis Faktor

 STUDY OF CONSUMER’S SMOKING MOTIVATIONS WITH FACTOR ANALYSIS

ABSTRACT

The reasons of doing something or choosing a product can be based on many factors, for example social, culture or psychological factors.  The aim of this research is to analyze people’s smoking motivations.  Based on the research, the smoking motivations are making more active, mind-refreshing, as a societal function, making appearance more attractive, enjoying the tasting, being acknowledge as modern people and being the pride of themselves.

Keywords: Motivation, Smoke, Factor Analysis

References

Chalfield. C. and A. Collins. 1980. Introduction to Multivariate Analisys. Chapmen and Hall. New York.

Handoko, M. 1992. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Kanisius. Yogyakarta.

Johnson. R.A. and D.W. Wichern. 2002. 4th Edition. Applied Multivariate Statistical Analisys. Pearson Education International. USA.

Mattjik, A.A., and I.M. Sumertajaya. 2004. Modul Teori Pelatihan Analisis Multivariate. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Siswadi dan Suharjo, B. 1997. Analisis Eksplorasi Data Peubah Ganda. Jurusan Matematika Fakultas MIPA IPB. Bogor.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Salaki, D. T. (2023). Kajian Terhadap Motivasi Konsumen untuk Merokok dengan Analisis Faktor . Jurnal Ilmiah Sains, 7(1), 28–32. https://doi.org/10.35799/jis.v7i1.48088

Issue

Section

Articles