Aktivitas pendaratan hasil tangkapan terhadap mutu ikan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35800/jitpt.7.2.2022.40237

Keywords:

Pendaratan hasil tangkapan, mutu ikan, pemasaran, organoleptik

Abstract

Seperti kita ketahui, ikan merupakan suatu komoditas yang mudah busuk dan cepat rusak sehingga sangat rentan terhadap penurunan kualitas ikannya, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa aktivitas mulai dari pendaratan ikan sampai pendistribusian menuju konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pendaratan hasil tangkapan terhadap mutu ikan Malalugis (Decapterus spp.) dan mengetahui proses pemasaran hasil tangkapan yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung. Kami menggunakan metode deskriptif untuk mengumpulkan semua data pada empat kapal Pukat Cincin berukuran 20-30 GT (KM 01, KM 03, KM 08 dan KM 1) sebagai target dalam pengumpulan data.  Pengamatan dan wawancara telah dilakukan  untuk mengetahui kondisi pelabuhanan perikanan, aktivitas pendaratan hasil tangkapan, dan waktu proses dari palka sampai ke TPI karena aspek-aspek diatas berpengaruh terhadap mutu ikan. Kami menemukan bahwa, proses penurunan dan pengangkutan hasil tangkapan di PPS Bitung belum memperhatikan aspek kebersihan dan kehigienisan. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan air untuk mencuci ikan, keadaan dermaga yang dipenuhi genangan air bekas mencuci ikan dan juga penggunaan es yang diletakkan sembarangan di lantai dermaga tanpa alas. Disamping itu, hasil analisa uji organoleptik berkisar 7-8, hal ini sesuai dengan standar SNI. Berdasarkan data hasil penelitian kami berkesimpulan bahwa peranan aktivitas pendaratan kelihatannya tidak terlalu mempengaruhi mutu ikan yang didaratkan meskipun penanganan terhadap ikan belum terlalu baik dimana cara penanganan ikan belum menerapkan prinsip penanganan ikan yang baik atau 3C1Q yaitu Cold (dingin), Clean (bersih), Carefull (baik) dan Quick (cepat).

Author Biographies

Shanice Rotama Sitorus, Universitas Sam Ratulangi

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

       

Ixchel Feibie Mandagi, Universitas Sam Ratulangi

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Lusia Manu, Universitas Sam Ratulangi

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Frangky Ernes Kaparang, Universitas Sam Ratulangi

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Lefrand Manoppo, Universitas Sam Ratulangi

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Fransisco Philep Theodorus Pangalila, Universitas Sam Ratulangi

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

References

Badan Standardisasi Nasional, SNI 01-2346-2006 Petunjuk pengujian organoleptik dan atau sensori

Fauzi RI. 2009. Analisis Perikanan Tangkap Pasca Tsunami di Pangandaran [Skripsi]. Bogor (ID): Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 72 hlm.

Ginting RFA. 2011. Kondisi dan Potensi Pengembangan Kepelabuhanan Perikanan di Kabupaten Subang [Skripsi]. Bogor (ID): Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 112 hlm.

Handani R. 2008. Studi Hubungan Hasil Tangkapan Dengan Ukuran Basket/Wadah Hasil Tangkapan di PPN Palabuhanratu, Sukabumi Jawa Barat [Skripsi]. Bogor (ID): Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 92 hlm.

https://kkp.go.id/djpt/ppsbitung/page/1015-sejarah.

Indrianto J. 2006. Pengelolaan Aktivitas dan Pengembangan Pelabuhan Perikanan Pantai Ciasem, Kabupaten Subang Ditinjau Dari Aspek Fasilitas dan Kualitas Pemasaran Hasil Tangkapan [Skripsi]. Bogor (ID): Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 93 hlm.

Junianto. (2003). Teknik Penanganan Ikan. Penebar Swadaya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan “Bahan baku olahan hasil perikananâ€

Ilyas. 1983. Teknologi Refrigerasi Hasil Perikanan. Teknik Pendinginan Ikan. C.V Paripurna. Jakarta. Bhatara Aksara .Jakarta. 237 hlm

Lubis E. 2012. Pelabuhan Perikanan. Bogor (ID): IPB Press.

Pane AB. 2009. Bahan Kuliah Analisis Hasil Tangkapan Dasar. Bogor (ID): Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Rumus-Statistic. (2020). uji-kolmogorov-smirnov. Diakses 2021. https://www.rumusstatistik.com/2020/10/uji-kolmogorov-smirnov.html.

Setijadi. 2016. Implementasi sistem logistik ikan nasional sebagai solusi persoalan sektor perikanan [Internet]. [diunduh 2017 Jul 10]:1-3. Tersedia pada http://supplychainindonesia.com/new/w-content/files/Catatan_SCI_- Implementasi_ Sistem_Logistik_Ikan_ Nasional_sebagai_Solusi_Persoalan_ Sektor_Perikanan.pdf.

Sulaiman, Wahid. 2005. Statistik Non-Parametrik. ANDI.Yogyakarta, 168 hlm.

Vatria B.2020.Penanganan Hasil Perikanan: Karakteristik Mutu Ikan Segar.pontianak (ID).Politeknik Negeri Pontianak.

Downloads

Published

27-07-2022

How to Cite

Sitorus, S. R., Mandagi, I. F., Manu, L., Kaparang, F. E., Manoppo, L., & Pangalila, F. P. T. (2022). Aktivitas pendaratan hasil tangkapan terhadap mutu ikan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung. JURNAL ILMU DAN TEKNOLOGI PERIKANAN TANGKAP, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.35800/jitpt.7.2.2022.40237

Most read articles by the same author(s)

> >>