Analisis usaha perikanan pancing ulur (handline) tuna di Aertembaga kota Bitung

Analysis of tuna handline fishing business in Aertembaga, Bitung city

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35800/jitpt.8.2.2023.45445

Abstract

Ekonomi kota Bitung juga didorong oleh sektor perikanan dimana kecamatan Aertembaga menjadi pusatnya, ditandai dengan terdapatnya Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung. Sektor ini bahkan menjadi pendorong utama, maka pengolahan yang tepat kemudian dibutuhkan untuk memanfaatkan segala macam hal yang bisa memberikan dorongan positif. Berbicara soal ikan tuna sebenarnya terdapat beberapa jenis cara tangkap ikan Tuna yang perlu kita ketahui terlebih dahulu, yakni; dengan menggunakan alat tangkap pukat cincin, huhate serta pancing ulur tuna (tuna handline). Namun dalam karya tulis ini titik fokus penulis diarahkan pada cara tangkap dengan metode handline yang berlokasi di PPS kota Bitung kelurahan Aertembaga. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa tentang keadaan sosial nelayan dan kelayakan usaha pancing ulur tuna di kelurahan Aertembaga Satu, kota Bitung. Metode yang di pakai untuk pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, survei langsung, penyebaran kuesioner, dan studi literatur. Dalam penelitian ini data kapal yang diambil sampel adalah KM Eben Heazer. KM Eben Heazer memiliki payback period (PP) atau balik modal selama 1,7 tahun dan return of investment dari usaha pancing ulur tuna sebesar 56,9 % atau setiap 1 rupiah yang diivestasikan akan memberikan keuntungan sebesar 56,9% rupiah. Dalam satu trip pemilik kapal mendapat pendapatan bersih Rp. 54.789.825,-

Author Biographies

Lefrand Manoppo, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi

Fransisco Pangalila, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi

References

Agunggunanto EY. 2011. Analisis Kemiskinan dan Pendapatan Keluarga Nelayan Kasus di Kec. Wedu Kab. Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan Vol. 1 no. 50.

Darondo, Frangky. A. L. Manoppo, A. Luasunaung. 2014. Komposisi tangkapan tuna handline di Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung Sulawesi Utara. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 1.6

Fadly, Nurul. 2009. Skripsi: Asesmen Risiko Histamin Ikan Tuna (Thunus Sp.) Segar Berbagai Mutu Ekspor Pada Proses Pembongkaran (Transit). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Hadari Nawawi. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif, Gajah Mada University Fress, Yogyakarta.

Harmaizar Z. 2008. Menangkap Peluang Usaha. Edisi 1. Dian Anugerah Prakasa. Bekasi. 205 Halaman.

Imron. 2003. Pemberdayaan Masyarakat Nelayan. Media Presindo: Yogyakarta.

Primyastanto. 2011. Feasibility Study Usaha Perikanan (Sebagai Aplikasi dari Teori Studi Kelayakan Usaha Perikanan). Universitas Brawijaya Press. Malang.

Rival Sangkoy. 2020. Kajian operasi penangkapan pancing ulur pelagis besar yang menggunakan umpan hidup. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. Manado.

Shiddiq R. Moch. 2018. Analisis Kelayakan Usaha Perikanan Nelayan Pancing Ulur Kapal Jukung dengan Rumpon dan Tanpa Rumpon. Universitas Brawijaya. Malang. 89 Halaman

Sidik Fajar. 2013. Mutu dan Perdagangan Ikan Tuna Hasil Tanglapan Longline Yang Didapatkan di PPS Nizam Zachman Jakarta.

Downloads

Published

13-07-2023

How to Cite

Kowaas, C. M. W., Manoppo, L., & Pangalila, F. (2023). Analisis usaha perikanan pancing ulur (handline) tuna di Aertembaga kota Bitung: Analysis of tuna handline fishing business in Aertembaga, Bitung city. JURNAL ILMU DAN TEKNOLOGI PERIKANAN TANGKAP, 8(2), 68–72. https://doi.org/10.35800/jitpt.8.2.2023.45445

Most read articles by the same author(s)

> >>