Pengaruh penyuluhan 3M terhadap kepatuhan pelaksanaan pemberantasan jentik nyamuk di Desa Tolong Kabupaten Pulau Taliabu

Penulis

  • Margareth Sutjiato Universitas Pembangunan Indonesia Manado

Kata Kunci:

DBD, 3M, kepatuhan pemberantasan jentik nyamuk

Abstrak

Latar Belakang: Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan, hal ini disebabkan oleh belum ditemukannya obat atau vaksin untuk penanggulangan DBD sampai saat ini. DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang mengandung virus dengue Nyamuk Aedes aegypti hanya hidup pada suhu antara 80C – 370C. Nyamuk ini berkembangbiak di berbagai tempat seperti bak mandi, tempayan atau wadah penyimpanan air minum, kaleng bekas, botol plastik air minum, ban yang sudah tidak terpakai, dan berbagai jenis kontainer buatan lainnya.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penyuluhan 3M terhadap kepatuhan pelaksanaan pemberantasan jentik nyamuk di Desa Tolong Kabupaten Pulau Taliabu.
Metode: Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 83 responden.
Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan paired t test diperoleh nilai ρ-value = 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05, Berarti H0 ditolak, maka penyuluhan 3M berpengaruh terhadap kepatuhan pelaksanaan pemberantasan jentik nyamuk di Desa Tolong Kabupaten Pulau Taliabu.
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan kepatuhan pelaksanaan pemberantasan jentik nyamuk sebelum penyuluhan 3M di Desa Tolong Kabupaten Pulau Taliabu. Hasil tidak patuh sebanyak 45 responden (54,2%) dan sesudah 27 responden (32,5%). Data dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam melakukan intervensi penyuluhan untuk mengurangi penyakit DBD.
Kata Kunci: DBD, 3M, Kepatuhan pemberantasan jentik nyamuk

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

1.
Sutjiato M. Pengaruh penyuluhan 3M terhadap kepatuhan pelaksanaan pemberantasan jentik nyamuk di Desa Tolong Kabupaten Pulau Taliabu. J Kedokt Kom Tropik [Internet]. 31 Desember 2023 [dikutip 20 April 2024];11(2):509-14. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JKKT/article/view/53361

Terbitan

Bagian

Penelitian