STRATEGI KAMPANYE CALON LEGISLATIF PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB) DAPIL SATU KABUPATEN MINAHASA UTARA TAHUN 2014

Authors

  • Fahri Uber
  • PH. Regar
  • G. J. Waleleng

Abstract

Sepanjang sejarah, Indonesia telah menyelenggarakan 11 kali pemilihan umum (Pemilu), yaitu pada tahun 1955, 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997, 1999, 2004, 2009 dan 2014. Menjelang pemilu 2014, dinamika politik di Indonesia semakin hari semakin tinggi, mengingat jadwal pemilihan umum 2014 tinggal sesaat lagi. Tidak hanya calon Presiden dan Wakil Presiden yang turut meramaikan pesta politik tersebut,  tetapi juga para calon legislative (Caleg). Sebagai partai senior PKB terdiri dari berbagai golongan dan diharapkan bersinergi dalam membesarkan PKB. Caleg PKB juga senantiasa menggunkan citra dirinya dalam dunia poltik sendiri melalui Visi dan Misi agar masyarakat mau dan turut memberikan dukungan suara terhadap PKB. Dengan menggunakan strategi pendekatan yaitu, menggunakan media luar ruang dapat mempermudah strategi pengenalan diri caleg PKB agar lebih dikenal masyarakat dan caleg PKB juga  mengkomunikasikan diri mereka melalui orang-orang atau kelompok yang berpengaruh sehingga PKB dapat memperoleh dukungan yang maksimal dan dapat mencapai tujuan partai yaitu menambah satu kuota kursi di DPRD Kabupaten Minahasa Utara karena selama dua periode PKB menduduki kursi DPRD, PKB hanya menduduki satu kursi saja. Karena perolehan suara yang di peroleh PKB dalam pemilu tahun 2014 belum mampu  menambah satu kursi di DPRD Minahasa utara untuk dapil satu. Dengan menggunakan analisis SWOT yaitu kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) bahkan ancaman (threats) dalam menjalankan strategi kampanye pemenangan politiknya. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk meneliti “strategi kampanye calon legislatif partai kebangkitan bangsa (PKB) dapil satu kabupaten minahasa utara tahun 2014â€.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah timsukses kampanye, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda, sedangkan obyek penelitiannya adalah rancangan strategi kampanye calon legislatif partai kebangkitan bangsa (PKB). Informan penelitian dipilih secara purposive.

Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kampanye calon legislatif partai kebangkitan bangsa (PKB) dapil satu kabupaten minahasa utara tahun 2014 belum bisa mencapai target partai, yaitu menambah satu kuota kursi di kabupaten minahasa utara untuk PKB.

Kata kunci: Strategi, kampanye

Downloads

How to Cite

Uber, F., Regar, P., & Waleleng, G. J. (2016). STRATEGI KAMPANYE CALON LEGISLATIF PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB) DAPIL SATU KABUPATEN MINAHASA UTARA TAHUN 2014. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11721

Issue

Section

Articles