PENTINGNYA PENGGUNAAN JARINGAN WI-FI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA PADA KANTOR PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KOTA TIDORE KEPULAUAN

Authors

  • Rahmatia Karim
  • Stevi S. Sumendap
  • F. V.I.A Koagouw

Abstract

Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat. Wi-Fi juga dapat diartikan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data dengan menggunakan gelombang radio (nirkabel) melalui sebuah jaringan komputer termasuk koneksi. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa media/fasilitas untuk mengakses jaringan Wi-Fi belum tersedia sebagaimana mestinya sehingga kepuasan pemustaka untuk mengakses informasi online belum terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, pihak perpustakaan sebaiknya menyediakan media untuk mengakses informasi secara online. Dari penjelasan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penggunaan jaringan Wi-Fi dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka pada kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jumlah informan yang ditentukan 12 orang yang terdiri dari kepala perpustakaan,kepala bagian seksi kearsipan dan 10 orang pemustaka yang telah melakukan penelusuran secara online. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara (interview) dan dokumen yang diperoleh dari lokasi penelitian. Adapun teknik pengolahan dan analisa data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data (penyajian data), penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa jaringan Wi-Fi yang tersedia pada kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore Kepulauan telah membantu  pemustaka dalam melakukan informasi secara online hanya saja terkendala pada media/fasilitas. Meskipun demikian namun pemustaka tetap terbantu dengan laptop/gadget pribadi sehingga tetap dapat menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia.

Kata Kunci: Jaringan Wi-Fi, Pemustaka

Downloads

How to Cite

Karim, R., Sumendap, S. S., & Koagouw, F. V. (2016). PENTINGNYA PENGGUNAAN JARINGAN WI-FI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA PADA KANTOR PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KOTA TIDORE KEPULAUAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11732

Issue

Section

Articles