MANFAAT PROMOSI PERPUSTAKAAN PADA MAHASISWA FISPOL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Authors

  • Anita Binalay

Abstract

Perpustakaan merupakan salah salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
Perpustakaan sebagai jantungnya Universitas sangat berperan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu pustakawan yang ada di perpustakaan Unsrat harus sering melaksanakan promosi perpustakaan kepada mahasiswa, bukan hanya pada saat BISMABA (Bimbingan Mahasiswa Baru) tetapi perlu dilakukan kegiatan-kegiatan promosi lainnya seperti penyebaran brosur, pamplet dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar fungsi perpustakaan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan fungsinya, sehingga banyak mahasiswa yang berminat untuk datang berkunjung ke perpustakaan dan dapat mempergunakan fasilitas yang ada di Perpustakaan universitas Sam Ratulangi.
Menurut Sutarno (2006), Perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung,/bangunan atau gedung tersendiri, yang berisi yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur demikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu di perlukan oleh pembaca. Perpustakaan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang diperlukan oleh pembaca, seperti ruang baca, rak buku kursi dan lain sebagainya. Dan jika sarana dan prasarananya lengkap akan membangkitkan minat baca dan kunjungan pemustaka di perpustakaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskriptif yaitu dengan menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematis sehingga mudah dipahami dan disimpulkan.

Downloads

How to Cite

Binalay, A. (2016). MANFAAT PROMOSI PERPUSTAKAAN PADA MAHASISWA FISPOL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12771

Issue

Section

Articles