PERAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Listiani Lawe
  • Syanne Harindah
  • Jonny J. Senduk

Abstract

Fasilitas perpustakaan merupakan segala sesuatu perlengkapan perpustakaan yang memudahkan pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan, juga dalam memperlancar kegiatan pustakawan dalam mengolah perpustakaan.
Penelitian ini dilaksanakan di Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan variabel fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan, dengan teknik pengumpulan data melalui angket atau kuesioner dengan informan penelitian sebanyak 25 orang pustakawan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pustakawan mempunyai kendala pada fasilitas perpustakaan yang disediakan, sehingga menghambat pustakawan dalam mencapai kinerja yang ditargetkan.
Kata kunci : Fasilitas Perpustakaan, Kinerja Pustakawan.
PENDAHULUAN
Seorang awam apabila mendengar kata perpustakaan maka yang akan terlintas dibenaknya adalah kumpulan buku-buku yang dikumpul dalam suatu ruangan atau gedung dan dijaga oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya.
Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka (Undang-Undang Perpustakaan, 2001). Sedangkan menurut Lasa (2007), perpustakaan adalah kumpulan atau bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai.
Perpustakaan sebagai salah satu pusat sumber informasi mempunyai akses strategis dalam mendukung keberhasilan pendidikan dan pembelajaran masyarakat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (Sinaga dan Dian, 2007).
Keberhasilan suatu daerah dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas harus ditopang dari berbagai segi termasuk di dalamnya adalah perpustakaan. Perpustakaan dituntut untuk memberikan layanan memuaskan bagi pemustaka, sehingga perpustakaan dapat mencapai tujuan yang telah diembankan padanya.
Dalam meningkatkan mutu perpustakaan, kinerja pustakawan bergantung pada tersedianya gedung beserta fasilitasnya. Kurangnya fasilitas berdampak pada keterbatasan layanan. Mengingat fasilitas perpustakaan menjadi salah satu indikator yang di jadikan pemustaka sebagai parameter kinerja perpustakaan. Layanan perpustakaan dapat di optimalkan apabila sarana menunjang.
Pustakawan tidak bisa bekerja optimal apabila kekurangan sarana dan prasarana di suatu perpustakaan dngan kata lain peran fasilitas perpustakaan sangat berpengaruh pada kinerja pustakawan dalam mewujudkan perpustakaan yang berkualitas.
Seperti yang terjadi di Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara dalam menyediakan fasilitas bagi pustakawannya dalam mencapai kinerja yang diharapkan.
Dari uraian dan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka penulis sangat tertarik untuk melaksanakan penelitian tentang Peran Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kinerja Pustakawan di Badan Perpustakaan Arsip dan dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara.

Downloads

How to Cite

Lawe, L., Harindah, S., & Senduk, J. J. (2016). PERAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12773

Issue

Section

Articles