PERILAKU KOMUNIKASI MAHASISWA PENGGUNA SOSIAL MEDIA PATH (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS SAM RATULANGI)

Authors

  • Paramitha Amanda Rorimpandey
  • J. S. Kalangi

Abstract

Path merupakan salah satu sosial media yang memiliki fasilitas seperti memberitahukan dimana kita sedang berada, memberitahukan sedang mendengarkan lagu apa, membaca buku apa, dan sebagainya, bisa menggambarkan perbedaan antara masyarakat kelas atas dan masyarakat kelas bawah. Karena path hanya bisa di akses melalui smartphone yang menimbulkan kebanggaan tersendiri penggunanya. path digunakan semata-mata bukan untuk mencari informasi seperti fungsi media pada umumnya namun path digunakan karena tuntutan pergaulan dikalangan muda.
Penelitian ini di lakukan pada Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol Universitas Sam Ratulangi selama kurang lebih satu bulan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalaui kuisioner yang di bagikan kepada para responeden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menggunakan sosial media path sebagai sarana untuk eksistensi diri, sebagai media pamer, dan juga media untuk berinteraksi. Terdapat tiga bentuk perilaku yang di timbulkan oleh pengguna sosial media path yaitu perilaku scripted, perilaku contrived, dan perilaku spontan. Sosial media path menjadi sebuah rutinitas oleh penggunanya yang merupakan kebiasan yang harus selalu di lakukan karena sebagian besar mahasiswa ilmu komunikasi fisip universitas sam ratulangi mengakses sosial media path pada setiap saat.
Berdasarkan hasiil penelitian saran penulis sebaiknya menggunakan selayaknya sosial media lainnya tidak berlebihan dan sesuai dengan kegunaannya, serta tingkatkan interaksi secara langsung dengan rekan, keluarga atau pun teman yang berada di dekat anda di bandingkan dengan interaksi melalui sosial media.

Downloads

How to Cite

Rorimpandey, P. A., & Kalangi, J. S. (2016). PERILAKU KOMUNIKASI MAHASISWA PENGGUNA SOSIAL MEDIA PATH (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS SAM RATULANGI). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12775

Issue

Section

Articles